Menkes Ingin Kartu BPJS Langsung Aktif Setelah Daftar

Kompas.com - 21/11/2014, 13:30 WIB
Pendaftaran program BPJS. Tribun Jabar/Gani KurniawanPendaftaran program BPJS.
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengaku tak setuju dengan aturan baru Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Aturan baru yang dimaksud adalah masa berlaku kartu jaminan sosial setelah tujuh hari dari waktu pendaftaran.

"Kami coba mengoreksi BPJS. Kami melayangkan surat untuk mengubah peraturan itu," ujar Nila di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Aturan baru ini memang menuai banyak protes dari berbagai kalangan. Aturan tersebut dinilai mempersulit masyarakat untuk mendapat jaminan sosial. Menurut Nila, kartu BPJS seharusnya dapat langsung aktif setelah peserta mendaftarkan diri.

"Maunya sih langsung berlaku, tidak usah menunggu tujuh hari," kata Nila.

Dalam peraturan BPJS Kesehatan Nomor 4 Tahun 2014 tentang tata cara pendaftaran dan pembayaran peserta BPJS Kesehatan, kartu peserta baru aktif tujuh hari setelah pendaftaran. Padahal, sebelumnya kartu tersebut bisa langsung digunakan setelah mendaftar menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional.

Peraturan ini menuai protes dan dinilai kurang sosialisasi. Peraturan lain adalah peserta mandiri harus mendaftarkan semua anggota keluarganya yang tercantum dalam kartu keluarga (KK).


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X