Kompas.com - 23/11/2014, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski jerawat sudah lama hilang, namun bekas yang ditinggalkannya bisa menyebabkan wajah jadi terlihat kurang menarik. Salah satu cara yang dianggap efektif untuk memudarkan bekas jerawat adalah memakai laser penghilang tato.

Dalam uji coba, diketahui laser yang biasa dipakai untuk menghilangkan tato ternyata cukup efektif menghilangkan bekas jerawat antara 25-50 persen. Sinar laser yang dipakai dalam percobaan ini memakai dosis rendah dan lensa khusus.

Sebenarnya sudah ada laser lain yang umum digunakan untuk menghilangkan luka jerawat. Penggunaan laser untuk penghilang tato ini dianggap aman dan lebih efektif.

"Dengan laser ini persiapannya minimal dan hasilnya pun lebih cepat terlihat," Jeremy Brauer, seorang dokter kulit di Laser & Skin Surgery Center of New York.

Kulit wajah yang dipenuhi bekas jerawat memang bisa memberi efek psikologis yang buruk. Terlebih, bekas jerawat dapat merusak tekstur kulit dan sulit ditutupi make up, kata Dr Omar Ibrahimi, seorang dermatolog dan spesialis dalam pengobatan bekas luka.

Dalam penelitian tersebut, 15 perempuan dan l5 laki-laki menerima enam perawatan dengan laser khusus. Penelitian ini sebagian didanai oleh Cynosure, sebuah perusahaan yang menyediakan perawatan laser estetika, tapi Cynosure tidak terlibat dalam pengumpulan atau analisis data.

Kemudian satu dan tiga bulan setelah terapi didapatkan pengurangan bekas jerawat berkisar 25-50 persen. Hasil analisa tiga dimensi juga memperlihatkan pengurangan bekas jerawat sampai 24 persen.

"Penggunaan laser apapun membawa risiko, tetapi tingkat rasa sakit dan ketidaknyamanan untuk perawatan ini sangat rendah", kata Brauer.

Para responden dalam penelitian ini tidak diberikan anestesi dan mengungkapkan sensasi lasernya bervariasi mulai dari rasa panas sampai seperti ditusuk peniti.
Setelah terapi, kulit akan sedikit bengkak dan berwarna merah muda seperti terbakar sinar matahari, yang akan hilang dalam 24 jam atau kurang.

Dibandingkan dengan perawatan yang biasa digunakan untuk bekas jerawat, seperti chemical peeling dan operasi pengangkatan kulit, perawatan laser ini paling tidak menyebabkan sakit, hanya membuat kemerahan dan bengkak, namun memiliki waktu pemulihan lebih cepat, kata Brauer.

Terapi laser ini sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit yang memiliki kompetensi untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan. (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber HEALTHDAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.