Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Pusing? Mulailah Kurangi Asupan Garam

Kompas.com - 15/12/2014, 13:11 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda sering merasa pusing tanpa alasan yang jelas, mungkin ini saatnya untuk mulai mengurangi asupan garam dari makanan. Penelitian menunjukkan, mengurangi garam bisa meringankan nyeri kepala hingga sepertiganya.

Mengurangi asupan garam sekitar tiga gram sehari terbukti dapat mengurangi pusing. Tiga gram garam sendiri setara dengan setengah sendok teh, atau jumlah garam yang terdapat di kentang goreng restoran cepat saji.

Para ahli mengatakan, mengurangi asupan garam bisa meredakan sakit kepala karena tekanan darah dan denyut  nadi turun.

Bukan hanya itu, orang dengan tekanan darah normal juga merasakan penurunan sakit kepala setelah mereka mengurangi konsumsi garam.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta 400 orang secara acak mengadopsi pola makan rendah lemak yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak, atau menjalankan pola makan Barat sebagai kelompok kontrol.

Para peserta mengonsumsi makanan dengan kandungan garam hampir 9 gram garam sehari dalam periode tertentu, yang mencerminkan bahwa konsumsi rata-rata garam di Amerika Serikat.

Kemudian jumlah garam tersebut dikurangi menjadi 6  gram garam sehari (batas atas dari garam harian yang direkomendasikan) untuk jangka waktu yang sama, sebelum mereka akhirnya melakukan diet rendah garam yaitu tiga gram per hari selama periode akhir.

Para ilmuwan menemukan, mengurangi asupan garam dari 9 gram per hari menjadi tiga gram per hari dapat mengurangi pusing sampai 31 persen. (Eva Erviana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com