Kompas.com - 27/12/2014, 16:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bukan hanya berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan luka, sel darah putih ternyata juga dapat membantu mengatasi kebotakan.

Seorang peneliti secara tidak sengaja menemukan cara menumbuhkan rambut dengan sel darah putih. Penemuan ini diharapkan dapat menjadi harapan baru bagi orang yang kerap merasa tidak percaya diri dengan rambut yang sulit tumbuh.

Dr.Mirna Perez-Moreno yang merupakan ahli kanker ini pertama kali menemukan saat sedang menguji obat anti-inflamasi pada tikus, dan betapa terkejutnya ia saat menemukan bulu ekstra yang tumbuh pada tikus. Peneliti di Spanyol National Cancer Research Madrid itu akhirnya menyelidiki penyebab fenomena tersebut.

Mirna menemukan pemicunya adalah makrofag yang berasal dari sel-sel darah putih yang disebut monosit dan diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membersihkan jaringan mati. Makrofag diaktifkan sel induk terdekat yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Ini berarti folikel dapat didorong untuk tumbuh tanpa membutuhkan transplantasi rambut.

"Makrofag ternyata berperan penting dalam lingkungan sekitar sel induk. Ia juga penting dalam proses pertumbuhan rambut, melebihi dari fungsinya yang selama ini kita kenal dalam sel imun," katanya.

Meskipun studi ini dilakukan pada tikus, peneliti percaya ini akan membuka pintu pengembangan pengobatan baru untuk pertumbuhan rambut pada manusia.  (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.