Kompas.com - 15/01/2015, 09:32 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Tidur pada siang hari tenyata penting untuk meningkatkan memori otak bayi. Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Universitas Sheffield dan Ruhr di Bochum, Jerman, bayi yang tidur siang minimal 30 menit bisa lebih mudah mengingat hal-hal yang baru saja mereka dengar dan lihat.

Para Ilmuwan meneliti 216 bayi sehat berumur 6-12 bulan untuk mengetahui hubungan antara tidur dan perkembangan bayi.  Peneliti kemudian menguji kemampuan bayi untuk mengingat keterampilan yang baru dipelajari. Peneliti membagi dua kelompok yaitu, bayi yang tidur siang minimal 30 menit dan yang tidak tidur siang.

Dalam waktu 24 setelahnya, bayi yang tidur siang ternyata memiliki memori otak yang lebih baik dibanding yang tidak tidur siang.

Tidur siang minimal 30 menit per hari menjadi bagian penting dari seorang bayi. Peneliti Dr Jane Herbert, dari University of Sheffield departemen psikologi mengatakan, penelitian ini menunjukkan bahwa waktu terbaik bayi untuk mempelajari sesuatu adalah sebelum tidur. Misalnya, bacakan buku-buku untuk bayi sebelum tidur.

"Temuan ini sangat menarik untuk kedua orangtua dan pendidik bahwa waktu yang optimal untuk bayi mempelajari informasi baru adalah sebelum mereka  tidur,” kata Herbert seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Manfaat tidur pun tak hanya dirasakan oleh bayi. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa tidur yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan memori orang dewasa.  Studi ini telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences dari Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.