Kompas.com - 19/03/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kaum pria ternyata lebih banyak yang mengalami kehilangan pendengaran pada satu telinganya. Dibandingkan dengan wanita, diperkirakan pria 5 kali lebih mungkin mengalaminya. Faktor usia merupakan salah satu faktornya.

Kerusakan permanen pada sel-sel rambut luar terjadi akibat paparan suara terlalu keras. Padahal sel rambut ini berperan penting dalam memperbesar suara dari luar.

"Kerusakan karena kebisingan akan bersifat akumulatif sepanjang hidup," kata Direktur Audiology & Newborn Hearing Screening di UCLA Health System, Alison Grimes.

Bertambahnya umur juga berarti kita lebih banyak terpapar suara yang sifatnya merusak. Sebut saja suara klakson di jalan raya, mesin-mesin industri, pesawat terbang, dan sebagainya.

Grimes mengatakan, kebiasaan kita sehari-hari, misalnya mendengarkan lewat earphone dengan suara nyaring, juga bisa membuat telinga lebih cepat tua.

Tidak ada satupun orang yang tidak mengalami ganggan pendengaran dalam hidupnya, dan tak ada yang kebal dari kerusakannya. Namun mudah untuk mengurangi kerusakannya dengan melakukan beberapa hal.

1. Sebisa mungkin jauhi suara yang terlalu nyaring.
2. Matikan televisi atau pemutar musik meskipun tidak terlalu keras bagi Anda.
3. Beri jeda sekitar 10 menit usai durasi panjang terpapar suara keras.
4. Hindari paparan suara frekuensi rendah dalam jangka panjang, atau suara frekuensi tinggi dalam jangka pendek.

"Bila Anda khawatir dengan kesehatan telinga, cari bantuan dari dokter atau audiolog berlisensi. Pertimbangkan tes dasar pendengaran Anda ketika menyentuh 55 tahun atau sudah merasa kemampuan telinga Anda menurun," ujar Direktur Audiology Clinic di Purdue University, Shannon Van Hyfte.

Namun apabila Anda hanya penasaran untuk menguji kemampuan pendengaran atau mencurigai ada sesuatu pada telinga Anda, periksa dengan tes ringkas yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Datangi lingkungan luar
Ambil beberapa langkah di luar dan dengarkan lingkungan sekitar Anda. Van Hyte menjelaskan, bila pendengaran Anda seimbang, Anda seharusnya bisa mendengar suara alam yang halus, seperti suara gemerisik daun. Orang dengan kemampuan pendengaran yang buruk biasanya tidak bisa mendengar suara tersebut.

2. 'Pinjam' telinga orang lain
Menilai pendengaran Anda terkadang membutuhkan lebih dari dua telinga. Mintalah teman Anda untuk 'meminjamnya'.

Tanya tentang kemampuan mendengarnya dan buat percakapan tentang pasangan di restoran atau berita di televisi. Tidak cukup bagus bila Anda mampu mendengar orang berbicara, tetapi juga mendengar apa yang mereka katakan. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.