Kompas.com - 24/03/2015, 10:15 WIB

TANYA:
 
Dokter, saya pernah mengalami depresi. Keadaan dimana saya merasa tidak punya harapan hidup dan merasa hampa yang dalam sehingga tidak mampu bangkit dari tempat tidur. Sekarang saya perlahan bangkit, namun kehidupan saya selalu dihantui ketakutan ketakutan akan hal yg belum terjadi, seperti takut sakit, takut kecelakaan takut mati. Mohon informasinya terapi apa yg sebaiknya saya lakukan? Kondisi ini membuat saya kelelahan terus menerus dok. Apakah depresi ada hubungannya juga dengan gangguan mahluk halus? Terimakasih
 
Nury (30), Semarang

JAWAB:

Ibu Nury yang baik,
Jika seseorang bisa bangkit dari depresi dan kembali menjalani kehidupan yang baik maka hal itu merupakan sesuatu yang sangat baik. Gangguan depresi memang sering kali berhubungan dengan kecemasan. Gejala-gejala kecemasan yang seperti ibu katakan sering kita temukan pada pasien yang mengalami depresi juga.

Kelelahan yang terus menerus biasanya berhubungan dengan depresi yang mungkin gejalanya belum sepenuhnya baik. Saran saya sebaiknya Anda segera berobat ke psikiater terdekat di kota Anda. Depresi bisa disembuhkan walaupun sering kali juga berulang.

Selain obat pasien juga akan melakukan psikoterapi agar kondisi gejala-gejalanya membaik. Depresi tidak ada hubungannya dengan makhluk halus. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.