Kompas.com - 05/04/2015, 11:19 WIB
Bawang putih. SHUTTERSTOCKBawang putih.
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Bawang putih mungkin selalu ada di dapur Anda.  Hampir tak ada masakan yang tak pernah lepas dari bawang putih.

Bawang putih rupanya tak hanya membuat cita rasa makanan menjadi nikmat. Lebih dari itu, konsumsi bawang putih ternyata dapat memperlambat penuaan dan melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Hal ini berdasarkan hasil studi para peneliti di Universitas Missouri.

"Bawang putih adalah salah satu makanan tambahan yang paling banyak dikonsumsi. Banyak yang menilai bawang putih sebagai 'superfood' karena mengandung sulfur yang diketahui sangat baik sebagai antioksidan dan anti-inflamasi,” ujar penulis studi Gu Zezong yang juga profesor patologi dan ilmu anatomi di MU School of Medicine.

Ia menjelaskan, penelitian kali ini fokus pada turunan karbohidrat dari bawang putih yang dikenal dengan nama FruArg. FruArg ini lah yang berperan untuk melindungi sel otak.

Menurut tim peneliti, kandungan bermanfaat dari bawang putih dapat menghambat, bahkan mengembalikan kerusakan sel otak yang disebabkan oleh masalah lingkungan, seperti asap rokok, polusi udara. Kerusakan otak juga dapat dipicu oleh cedera otak, penuaan, hingga konsumsi alkohol yang berlebihan.

"Ini membantu kita memahami bagaimana bawang putih bermanfaat untuk otak dengan membuat lebih tahan terhadap stres dan peradangan yang terkait dengan penyakit saraf dan penuaan,” kata Gu.

Untuk penelitian selanjutnya, Gu dan rekan-rekannya  ingin mempelajari efek dari FruArg pada sel-sel lain dalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X