Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2015, 12:50 WIB

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia bahwa telur merupakan salah satu sumber protein yang paling disukai oleh banyak orang. Murah, enak, dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan lezat adalah beberapa alasan mengapa telur disukai.

Akan tetapi meski sudah sering mengonsumsi, tahukah kita mana yang harus dipilih, telur kuning muda atau kuning tua?

Bagian kuning telur sebenarnya dapat menunjukkan kandungan gizinya. Kebanyakan telur saat ini berasal dari ayam-ayam yang hidup di peternakan. Sangat jarang ada telur yang diambil dari ayam-ayam  liar di alam bebas.

Keadaan tersebut membuat warna kuning telur berubah. Telur berwarna kuning muda berasal dari ayam petelur yang hidup dalam kandang sempit sehingga mereka tak bisa bergerak. Ayam-ayam ini tak pernah melihat matahari dan makanannya hanya pakan saja.

Ayam kampung yang hidup di tempat luas dan memakan banyak sayuran akan menghasilkan telur berwarna kuning gelap cenderung jingga. Jenis telur ini mengandung nilai gizi yang lebih tinggi sehingga lebih menyehatkan.

Jadi, mulai sekarang kita sudah tahu pilihan apa yang harus diambil saat memilih telur kuning muda atau kuning tua. Biasanya telur ayam kampung asli akan selalu memiliki bagian kuning yang berwarna cenderung gelap atau mendekati warna jingga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com