Kompas.com - 19/05/2015, 09:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi
KOMPAS.com - Bercinta bukan sekedar aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan. Tapi, aktivitas bercinta juga memiliki banyak manfaat  bagi kesehatan tubuh Anda. Inilah manfaat bercinta bagi tubuh, yang tak pernah Anda bayangkan.

Memperkuat sistem imun tubuh

“Mereka yang aktif secara seksual, biasanya lebih jarang sakit,” ujar Yvonne K. Fulbright, PhD, pakar kesehatan seksual.

Orang-orang yang bercinta, tubuhnya memiliki kemampuan lebih tinggi melawan kuman, virus dan berbagai hal yang menyusup ke dalam tubuh. Para peneliti di Wilkes University, Pennsylvania menemukan bahwa partisipan yang bercinta sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki kadar antibodi lebih tinggi dibanding mereka yang jarang bercinta. Namun, di sisi lain, Anda tetap harus melakukan hal-hal lain yang membuat sistem kekebalan tubuh terjaga, seperti makan dengan benar, aktif bergerak, cukup tidur, rutin melakukan vaksinasi, dan sebagainya.

Meminimalisir stres

Sebuah penelitian dilakukan di Skotlandia dengan melibatkan 24 wanita dan 22 pria yang aktifitas seksualnya dipantau. Para peneliti memberikan situasi yang membuat banyak orang menjadi stres, seperti berpidato di hadapan banyak orang atauu mengerjakan tes matematika.

Setelah melakukan kedua kegiatan itu, tes mereka kemudian diukur. Hasilnya, orang yang sering bercinta dapat mengatur tingkat stresnya lebih baik, dari pada yang jarang bercinta atau bahkan yang sama sekali tidak pernah melakukannya.

Menurut Sheenie Ambardar, MD, psikiater di West Hollywood, Calif, seks dan kasih sayang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Berada dekat dengan seseorang yang kita sayang, akan membuat diri lebih tenang dan terhindar dari kecemasan.

Menyeimbang tekanan darah

Menurut Joseph J. Pinzone, MD, CEO dan direktur medis Amai Wellness, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara seks dan tekanan darah yang lebih rendah.

“Ada banyak penelitian, salah satu penelitian menunjukkan bahwa sentuhan awal ketika bercinta akan menurunkan tekanan darah sistolik, yaitu angka pertama pada alat pemeriksa tekanan darah. Sedangkan, hasil tes darah membuktikan bahwa tekanan bawah dialostik seseorang, cenderung juga lebih rendah jika mereka tinggal bersama pasangannya, dibanding dengan yang tidak,” jelas Joseph.

Halaman:
Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.