Lebih Baik Makan Apel Lokal karena Tak Dilapisi Lilin

Kompas.com - 21/05/2015, 18:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi
BANDUNG, KOMPAS.com — Membandingkan buah apel lokal dan impor di supermarket tentu saja sangat mudah. Apel lokal memiliki warna cenderung pucat, sementara apel impor cenderung berwarna cerah dan menarik hati. Namun, jangan salah. Warna terang yang dimiliki apel impor itu ternyata berasal dari wax atau lilin untuk melindungi kulit buah apel.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, lapisan lilin pembungkus kulit apel impor memang sudah bukan rahasia lagi. "Apel impor memang pasti ada wax (lilin) karena biar awet dalam perjalanan," kata Elly di sela-sela inspeksi mendadak di salah satu hipermarket di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (21/5/2015).

Lilin pembungkus buah ini memang tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Namun, jika dalam jumlah banyak, kata Elly, tentu saja lilin menimbulkan efek yang kurang baik untuk kesehatan. "Karena itu, kalau makan apel impor, sebaiknya dikupas, tidak bisa dicuci pakai air," ujarnya.

Selain daging, kulit apel dipercaya memiliki banyak manfaat. Dengan demikian, alangkah baiknya jika memilih apel lokal yang lebih sehat karena tidak dilapisi lilin. "Makanya, lebih baik membeli apel lokal saja. Lebih sehat," tambah Elly.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X