Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2015, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Seorang wanita berusia 65 tahun di Israel melahirkan anak pertamanya. Haya Shahar, nama wanita itu, melahirkan bayi laki-laki dengan berat sekitar 2,6 kilogram.

Haya Shahar sudah menikah selama 46 tahun namun belum juga berhasil hamil. Pasangan ini telah mencoba berbagai cara namun belum berhasil. Mereka lalu mencoba melakukan prosedur bayi tabung di luar Israel karena negara tersebut melarang program bayi tabung untuk wanita berusia di atas 54 tahun.

Pasangan ini disebutkan menggunakan donor sel telur, namun pihak rumah sakit tidak mau menjelaskannya. Persalinan pada wanita tertua di Israel ini dilakukan dengan operasi caesar.

"Pada dasarnya dokter tidak merekomendasikan kehamilan pada wanita yang sudah terlalu tua," kata Dr.Tal Biron dari rumah sakit Kfar Saba.

Persalinan pada wanita yang sudah menopause tercatat terjadi pada beberapa wanita. Di antaranya adalah wanita di Spanyol dan Romania. Keduanya melahirkan di usia 66 tahun dengan kehamilan lewat program bayi tabung.

Sementara itu wanita tertua yang berhasil hamil secara alami adalah wanita Inggris dan ia melahirkan di usia 59 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com