Kompas.com - 03/06/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apakah secangkir kopi tak lagi mampu meningkatkan energi Anda di pagi hari? Ini penyebabnya.

Para ahli menyebutkan, pagi hari sebenarnya adalah waktu paling buruk untuk minum kopi. Alasannya, kadar kortisol dalam tubuh sangat tinggi di pagi hari.

Mengonsumsi kafein saat kadar kortisol sedang tinggi akan menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein akan mengganggu produksi kortisol tubuh, hormon yang dikeluarkan untuk merespon stres dan kadar gula darah rendah. Akibatnya, tubuh akan memproduksi kortisol dalam jumlah rendah sehingga kita merasa perlu minum lebih banyak kafein lagi.

Efek lain dari konsumsi kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang pada kafein karena zat ini telah menggantikan kortisol alami tubuh. Dengan kata lain, efek peningkatan energi dan fokus dari kafein tak akan lagi kita rasakan.

Penelitian menunjukkan, waktu minum kopi terbaik adalah antara jam 10 pagi dan siang, serta antara jam 2 dan jam 5 siang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.