Kompas.com - 27/06/2015, 13:32 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi


JAKARTA, KOMPAS.com -   Orang dengan epilepsi tak perlu khawatir menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Puasa justru bisa mengurangi bangkitan epilepsi seperti kejang.

"Puasa bisa jadi terapi pengobatan untuk epilepsi. Bisa meredam neurotransmitter. Frekuensi kejang menurun," terang dokter Spesialis Saraf Irawaty Hawari dalam diskusi di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Mengapa demikian? Ira mengungkapkan, manfaat ini bisa didapatkan ketika puasa dilakukan dengan meniru diet ketogenik yaitu diet tinggi lemak. Diet ketogenik selama ini memang dikenal sebagai terapi pengobatan untuk pasien epilepsi. Akibat tinggi lemak dalam tubuh inilah yang diketahui dapat meredam neurotransmitter.

“Saat puasa, glukosa atau gula darah menjadi rendah dan energinya didapat dari cadangan lemak,” terang Ira.

Beberapa penelitian telah membuktikan diet ketogenik dapat mengontrol bangkitan. Seperti diketahui, bangkitan terjadi akibat adanya cetusan listrik yang berlebihan atau abnormal di otak sehinga membuat pasien kejang, atau bangkitan lain seperti tiba-tiba berteriak dan hilang kesadaran sesaat.

Pilihlah menu makanan yang mengandung lemak sehat atau yang tidak meningkatkan kolesterol jahat. Bagi sebagian orang, rasa lapar atau perut kosong memang bisa memicu bangkitan epilepsi. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Saat puasa, jangan lupa juga untuk tetap minum obat antiepilepsi (OAE) dalam dosis yang sama. Bisa diminum saat sahur dan berbuka puasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.