Kompas.com - 14/07/2015, 17:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
 — Jangan sembarangan memakan jamur yang tumbuh liar. Tak semua jamur aman dikonsumsi manusia. Akibat makan jamur yang ditemukan di sebuah taman, seorang wanita di Kanada mengalami gagal hati. Ia membutuhkan transplantasi hati karena mengonsumsi jamur beracun tersebut.

"Keracunan jamur bisa berakibat fatal," kata dokter Corey M Stein dari University of Toronto.

Mulanya, wanita itu mengeluh perutnya sangat sakit, mual, muntah, dan diare setelah sekitar 12 jam makan jamur. Kondisinya terus memburuk dan ia pun dirawat di rumah sakit. Menurut dokter, wanita berusia 52 tahun tersebut mengalami gagal hati dan harus segera mendapat transplantasi hati sebelum penyakitnya memburuk.

Wanita itu kemudian membawa sampel jamur yang dia makan ke rumah sakit. Setelah diteliti, jamur yang dimakan wanita itu adalah Amanita bisporigera, yakni jenis jamur beracun yang dapat merusak sel-sel hati.

Peneliti mengungkapkan, bentuk jamur beracun yang ditemukan sering kali mirip dengan jamur yang biasanya aman untuk dikonsumsi. Hal ini membuat beberapa orang mengira jamur yang ditemukan tumbuh liar juga aman dikonsumsi.

Mereka yang mengonsumsi jamur beracun biasanya mengalami tiga fase gejala keracunan. Pertama, muncul gejala setelah 6 jam makan jamur, seperti mual, sakit perut, muntah, dan diare. Kedua, kondisi tubuh terasa membaik. Ketiga, pasien mengalami gagal hati setelah sekitar dua hari makan jamur beracun tersebut.

Menurut peneliti, keracunan jamur juga bisa merusak organ dalam tubuh lainnya dan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.