Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perlu Pakai Obat Kumur Setelah Menyikat Gigi?

Kompas.com - 28/07/2015, 15:45 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kesehatan gigi dan mulut tak cukup hanya dengan menyikat gigi. Hanya menyikat gigi tak menjamin bagian sela gigi dan gusi terbebas dari sisa makanan yang bisa menjadi sumber berkembangnya kuman dan bakteri. Untuk itu, perlu menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi.

"Bagian mulut itu tak hanya terdiri dari gigi. Sikat gigi itu wajib, tetapi akan lebih sempurna jika kita berkumur-kumur, karena dalam gigi ada penumpukan plak," terang dokter gigi Tri Erri Astoeti di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Erri menjelaskan, plak merupakan endapan lunak yang melekat atau menutupi permukaan gigi. Plak terdiri dari banyak bakteri yang bisa merusak kesehatan gigi. Jika tidak dibersihkan, plak akan menjadi karang gigi. Lama kelamaan, karang gigi akan menyebabkan radang gusi.

"Kadang kita enggak menyadari penyakit gigi bisa berdampak ke penyakit lain seperti stroke dan jantung," terang Erri. Rutin menyikat gigi, kemudian menggunakan obat kumur bisa mencegah penumpukan plak tersebut.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ini, penggunaan obat kumur sebaiknya dua kali dalam satu hari. Erri menambahkan, sakit gigi merupakan penyakit tertinggi keenam yang dikeluhkan masyarakat Indonesia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, sebanyak 72,3 persen masyarakat Indonesia mengalami masalah gigi berlubang. Pengobatannya juga terbilang cukup mahal jika gigi sudah mengalami kerusakan. Untuk itu, sikatlah gigi dengan benar, yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

"Sebanyak 76,6 persen masyarakat Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari. Tetapi, hanya 2,3 persen yang menyikat gigi sesuai rekomendasi setelah makan dan sebelum tidur," ungkap Erri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com