Kompas.com - 01/08/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok sebenarnya apa yang menyebabkan saya menderita anyang-anyangan. Gejalanya saya bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil tapi yang keluar hanya sedikit. Kondisi ini melelahkan. Apa pengobatannya ya dok? Sejauh ini saya sudah minum obat herbal tapi belum terlihat hasilnya.
 
Arini (24), Tegal

JAWAB:

Saudari Arini di Tegal,
Sesuai dengan pertanyaan saudari, apa penyebab anyang-anyangan? Secara teoritis banyak penyebabnya, tetapi prinsipnya apapun yang dapat menyebabkan iritasi, rangsangan, tekanan pada kandungan kemih, stres, alergi, gangguan pada organ  pelvis,dan lain-lain dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan.

Suatu sindroma yang dikenal dengan "pain bladder syndrome" atau "intersttial cytitis yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan ini.

Namun, salah satu dari penyebab anyang-anyangan yang sering adalah infeksi, dan batu kandung kemih. Pada wanita, infeksi adalah penyebab yang paling utama, ini karena perbedaan anatomi saluran kemih yang berbeda dengan pria. Kuman, bakteri sangat mudah menjalar dari sumber infeksi dari misalnya dari vagina, dubur, dan waktu hubungan seksual

Nah, untuk penanganannya, saran Saya:
1. Pastikan penyebabnya terlebih dahulu, misalnya dengan pemeriksaan analisa urin, USG ginjal, kandung kemih dan organ Pelvis. Untuk itu sebaiknya anda konsulasi langsung ke dokter internist setempat.
2. Minum air putih yang cukup banyak.
3. Menjaga kebersihan daerah sekitar organ intim Anda.

Demikian, semoga bermanfaat. Terimakasih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.