Kompas.com - 06/08/2015, 20:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rahasia mendapatkan kehidupan seksual yang memuaskan sejak lama dicari pria dan wanita. Ada yang percaya pada khasiat suplemen herbal atau makanan tertentu untuk mendongkrak gairah mereka.

Anda tentu sudah pernah mendengar mitos mengenai manfaat tiram, cokelat, daging kambing, hingga ginseng, untuk membuat gairah bercinta lebih membara. Namun hanya sedikit penelitian yang membuktikan keamanan atau khasiat afrodisiak tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Society for Sexual Medicine para ahli mengkaji beberapa jenis afrodisiak populer.

1. Cokelat
Ternyata cokelat tak banyak berpengaruh pada libido. Cokelat mengandung komponen yang terkait dengan level serotonin yang tinggi di otak dan dianggap berefek pada hasrat seksual. Tapi ketika dibandingkan antara pemakan cokelat dan tidak, ternyata tak ada perbedaan dorongan seksualnya.

2. Ginko biloba
Ekstrak ginko biloba dipakai dalam pengobatan Tiongkok untuk mengatasi penyakit seperti depresi dan disfungsi seksual. Dalam sebuah studi, ternyata ditemukan peningkatkan signifikan pada pria dan wanita yang mengalami masalah seksual.

3. Tiram
Banyak orang yang sengaja mengonsumsi tiram untuk menaikkan gairahnya. Walau mengandung zinc yang dibutuhkan untuk memproduksi testosteron, tapi dalam sebuah studi random, para subjek yang makan tiram tidak mengalami efek yang signifikan dalam fungsi seksual atau gairahnya.

4. Ginseng
Dalam sebuah penelitian awal diketahui bahwa ginseng cukup membantu mengatasi masalah susah ereksi. Penelitian lain menemukan bahwa ginseng merah dari Korea juga meningkatkan gairah wanita yang sudah menopause. Walau begitu, karena ginseng memiliki efek mirip estrogen, mereka yang punya hormon sensitif kanker disarankan tidak mengonsumsinya.

Sementara itu untuk mitos mengenai daging kambing yang terlanjur dipercaya masyarakat Indonesia, seksolog Zoya Amirin mengatakan bahwa mitos itu keliru. Ia juga menepis mitos mengenai konsumsi bagian penis hewan kambing atau sapi. Zoya menegaskan tidak ada kaitannya antara makan "torpedo" dengan efek kekuatan laki-laki di atas ranjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.