Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ilmiah Beberkan Fakta Makanan Pembangkit Gairah

Kompas.com - 06/08/2015, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Rahasia mendapatkan kehidupan seksual yang memuaskan sejak lama dicari pria dan wanita. Ada yang percaya pada khasiat suplemen herbal atau makanan tertentu untuk mendongkrak gairah mereka.

Anda tentu sudah pernah mendengar mitos mengenai manfaat tiram, cokelat, daging kambing, hingga ginseng, untuk membuat gairah bercinta lebih membara. Namun hanya sedikit penelitian yang membuktikan keamanan atau khasiat afrodisiak tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Society for Sexual Medicine para ahli mengkaji beberapa jenis afrodisiak populer.

1. Cokelat
Ternyata cokelat tak banyak berpengaruh pada libido. Cokelat mengandung komponen yang terkait dengan level serotonin yang tinggi di otak dan dianggap berefek pada hasrat seksual. Tapi ketika dibandingkan antara pemakan cokelat dan tidak, ternyata tak ada perbedaan dorongan seksualnya.

2. Ginko biloba
Ekstrak ginko biloba dipakai dalam pengobatan Tiongkok untuk mengatasi penyakit seperti depresi dan disfungsi seksual. Dalam sebuah studi, ternyata ditemukan peningkatkan signifikan pada pria dan wanita yang mengalami masalah seksual.

3. Tiram
Banyak orang yang sengaja mengonsumsi tiram untuk menaikkan gairahnya. Walau mengandung zinc yang dibutuhkan untuk memproduksi testosteron, tapi dalam sebuah studi random, para subjek yang makan tiram tidak mengalami efek yang signifikan dalam fungsi seksual atau gairahnya.

4. Ginseng
Dalam sebuah penelitian awal diketahui bahwa ginseng cukup membantu mengatasi masalah susah ereksi. Penelitian lain menemukan bahwa ginseng merah dari Korea juga meningkatkan gairah wanita yang sudah menopause. Walau begitu, karena ginseng memiliki efek mirip estrogen, mereka yang punya hormon sensitif kanker disarankan tidak mengonsumsinya.

Sementara itu untuk mitos mengenai daging kambing yang terlanjur dipercaya masyarakat Indonesia, seksolog Zoya Amirin mengatakan bahwa mitos itu keliru. Ia juga menepis mitos mengenai konsumsi bagian penis hewan kambing atau sapi. Zoya menegaskan tidak ada kaitannya antara makan "torpedo" dengan efek kekuatan laki-laki di atas ranjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com