Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2015, 13:03 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Vaksin Human papillomavirus (HPV) berguna untuk mencegah seseorang terinfeksi HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks. Namun, sebuah laporan medis menunjukkan, pemberian vaksin HPV juga dapat mengobati kutil.

Dalam laporan terbaru yang dipublikasikan di jurnal JAMA Dermatology, seorang pria berusia sekitar 60 tahun berhasil menghilangkan kutil di bibir, lidah, dan pipi setelah diberi vaksin HPV. Sebelum pemberian vaksin, kutil tersebut selalu tumbuh kembali setelah diobati. Dokter kemudian mendiagnosis pria tersebut terinfeksi HPV. Ada banyak jenis HPV yang tak hanya menyebabkan kanker serviks, tetapi menyebabkan masalah kutil dan kanker mulut.

Dokter John Stern dari Divisi Penyakit Menular di Universitas Pennsylvania mengungkapkan, setelah sebulan menerima vaksin HPV dosis pertama, satu per satu kutil hilang. Selama 3 bulan, kutil pun benar-benar hilang dan tak kembali lagi. Hingga saat ini atau sudah 2 tahun, kutil pun tak muncul kembali. "Kutil menghilang begitu saja," kata Stern kepada Live Science.

Apakah pemberian vaksin HPV ampuh digunakan oleh pasien lain? Peneliti pun mencari literatur medis mengenai hal itu. Sejak 2010, telah ada delapan laporan tentang kutil pasien yang hilang setelah menerima vaksin HPV. Beberapa pasien bahkan sembuh hanya dua sampai tiga minggu setelah vaksinasi. Ada seorang wanita berusia 41 tahun yang kutilnya bisa hilang selama 6 bulan setelah mendapatkan vaksin HPV.

Akan tetapi, sebuah studi tahun 2013 menunjukkan, enam orang dengan kutil kelamin akan mendapati kembali penyakitnya setelah menerima vaksin HPV. Selain itu, tahun 2007 terhadap lebih dari 2.000 wanita dengan infeksi HPV genital menunjukkan, bahwa vaksin HPV tidak mempercepat sembuhnya infeksi. Untuk itu, menurut Stren harus ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah vaksin HPV manjur diberikan untuk mengobati kutil.

Dokter Amesh Adalja, seorang spesialis penyakit infeksi dan dari University of Pittsburgh Medical Center's Center for Health Security mengatakan, kasus ini bisa dijadikan bahan oleh peneliti untuk mengetahui mengapa vaksin HPV tak bisa mengobati kutil bagi semua orang. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com