Kompas.com - 18/09/2015, 20:30 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah maraknya teknologi Lasik untuk mengoreksi penglihatan, kini hadir ReLex SMILE yang merupakan teknologi terbaru dan generasi ketiga dari Lasik. Relex Smile merupakan kepanjangan dari Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction. Teknik ini menggunakan prosedur bedah refraktif tanpa pisau dan tanpa irisan atau flapless untuk mengoreksi kelainan mata.

Dokter spesialis mata Ciputra SMG Eye Clinic, dr. Utami Noor Sya'baniyah SpM menjelaskan, prosedur ReLex SMILE menggunakan laser untuk mengoreksi bentuk kornea mata. Sehingga, dapat mengurangi atau menghilangkan rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia), dan astigmatisme (silindris).

“Berbeda dengan lasik yang membuat sayatan pada kornea hingga 20 mm, sedangkan ReLex SMILE hanya membuat sayatan kecil 2-4 mm di permukaan kornea. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini juga lebih cepat, hanya sekitar 10 menit,” ujar dr. Utami saat temu media di Jakarta, Jumat (18/9).

Menurut dr. Utami, pasca operasi ReLEx Smile lebih aman dan nyaman karena sayatan kecil di permukaan kornea. Dengan ReLex SMILE waktu pemulihan lebih cepat, minim efek samping seperti mata kering, silau, dan nyeri. 

Meski metode ini terbilang aman, tak smua penderita mata minus dan silindris bisa menggunakan metode ReLex SMILE. Beberapa syarat untuk menjalani proses ReLEx SMILE adalah berusia 18 tahun ke atas, tidak mengalami perubahan resep kacamatan signifikan selama satu tahun terakhir, miopia hingga minus 10 atau astigmatisme hingga 5 D, tidak sedang hamil, tidak memiliki sejarah medis mata signifikan, serta tidak memiliki sejarah penyakit mata di keluarga seperti katarak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.