Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Sperma Terganggu karena Pestisida pada Buah dan Sayur?

Kompas.com - 27/09/2015, 19:08 WIB

KOMPAS.com — Sperma yang bagus dibutuhkan wanita agar ia cepat hamil karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penting agar ibu dapat hamil. Namun, belakangan ini, beredar kabar bahwa pestisida pada buah dan sayur dapat merusak sperma. Padahal, buah dan sayur merupakan jenis makanan yang baik untuk kesehatan.

 

Dalam sebuah penelitian, beberapa pria yang mengalami penurunan jumlah sperma dikumpulkan. Menurut hasil penelitian itu, mereka mengalami kondisi tersebut karena telah terlalu banyak mengonsumsi buah dan sayuran pada produk segar.

 

Namun, seorang penulis senior penelitian yang sekaligus merupakan profesor nutrisi dan epidemilogi Harvard University's School of Public Health, Jorge Chavarro, mengatakan, walaupun terbukti bahwa penyebabnya adalah pestisida buah dan sayuran, bukan berarti pria harus berhenti mengonsumsi buah dan sayur. Mereka dapat memilih buah yang memiliki kandungan pestisida rendah.

 

Beberapa jenis makanan, seperti kacang-kacangan, manggis, dan bawang, dinilai sebagai tanaman rendah residu pestisida. Sementara itu, merica, bayam, stroberi, apel, dan pir diketahui mengandung pestisida lebih.

 

Efek dari pestisida terhadap sperma pria pun telah dipelajari secara luas. Sebagai contoh, sebuah penelitian mengaitkan pestisida dengan sterilitas pria yang bekerja di bidang agrikultur atau sebagai pembasmi. Namun, penelitian baru ini merupakan penelitian pertama yang melihat bagaimana pengaruh pestisida dalam pola makan pria terhadap jumlah dan kualitas sperma.

 

Selain itu, para ahli menguji kesuburan pria dengan tiga faktor, seperti penghitungan jumlah sperma (jumlah sel), morfolog sperma (bentuk), serta mobilitas sperma (kemampuan berenang). Hasilnya, pria yang banyak memakan buah dan sayuran dengan kadar pestisida tinggi rata-rata memiliki jumlah sperma sebanyak 86 juta per ejakulasi dibandingkan mereka yang mengonsumsi asupan pestisida berkadar rendah dengan 171 juta sperma.

 

Tak hanya itu, pestisida juga memengaruhi jumlah sperma yang berbentuk sempurna. Di antara pria yang mengonsumsi produk mengandung pestisida lebih, sebesar 5,7 persen menghasilkan sperma dengan bentuk normal, dibandingkan 7,8 persen pada pria yang mendapat paparan pestisida lebih sedikit dari buah dan sayur. Meskipun demikian, jumlah buah dan sayuran yang dimakan oleh pria tidak memengaruhi sperma mereka.

 

Akan tetapi, temuan ini memiliki kelemahan karena responden yang mengikuti uji coba tersebut telah terdiagnosis memiliki masalah kesuburan atau mengalami penyimpangan pada sperma. Tak hanya itu, efek dari pestisida dalam makanan pria terhadap sperma tergantung pada genetika atau faktor pertumbuhan pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com