Kompas.com - 02/10/2015, 16:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Kabut asap tak hanya berdampak buruk bagi sistem pernapasan manusia, tetapi juga pada mata. Kesehatan mata ini sering kali diabaikan karena banyak masyarakat hanya fokus melindungi pernapasan.

Dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit Persahabatan, Diah Farida mengatakan, paparan kabut asap bisa menyebabkan kekeringan air mata. "Air mata sangat penting sebagai perlindungan mata. Kalau air mata kurang, orang yang terpapar kebakaran asap bisa mengalami masalah mata kering, gatal-gatal, iritasi, terasa pedas atau perih," ujarnya di RS Persahabatan, Jakarta, Junat (2/10/2015).

Menurut Diah, dampak buruknya memang akan lebih terasa pada orang yang memang sebelumnya memiliki bakat mata kering. Pengaruh kabut asap akan memperbuuk kondisi mata.

"Air mata makin kering lama-lama bisa menyebabkan kornea jadi luka, jadi infeksi," lanjut Diah. Keluhan pada mata memang tak banyak terjadi. Namun, jika terpapar kabut asap terus menerus, tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Menurut Diah sebaiknya tak hanya bagian hidung yang dilindungi dari paparan kabut asap. Jika bagian hidung dengan masker, pada mata bisa dengan kacamata. "Idealnya sih pakai googles mata yang biasa digunakan pekerja," kata Diah.

Untuk mengatasi mata kering, pada tahap awal bisa dengan memberikan obat tetes mata. Tidak disarankan mencuci mata dengan air, apalagi jika mencuci mata pada wadah yang belum tentu higienis.

Diah mengatakan, kesehatan mata dengan adanya kabut asap sering kali diabaikan. Untuk itu, masyarakat perlu diedukasi kembali agar mau menjaga kesehatan mata dari paparan kabut asap seperti yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.