Kompas.com - 15/11/2015, 19:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda ingin menurunkan berat badan tapi bosan dengan saran diet yang itu-itu saja; perbanyak sayuran, olahraga rutin, dan batasi asupan kalori.

Mungkin Anda perlu ide yang segar dan baru. Coba Anda terapkan ide-ide ini. Sederhana, mudah, dan bisa langsung Anda terapkan setelah membaca artikel ini.

 

Tip 1: Sarapan dengan Barley

Barley adalah oatmeal jenis baru, kata Dawn Jackson Blatner, RD, pakar diet dari Chicago dan penulis buku The Flexitarian Diet.

Barley mendapat reputasi sebagai penghadang lapar setelah para peneliti Swedia menemukan bahwa makanan penuh serat ini dapat menjaga kadar gula darah tetap normal jika disantap saat sarapan. Ini karena karbohidrat di dalam barley tergolong bergindeks glikemik rendah.

Artinya, kadar gula darah naik dengan perlahan setelah menyantap barley. Ini juga berarti, bahwa Anda akan merasa kenyang lebih lama dibanding dengan menyantap jenis makanan lain. Pilih jenis barley utuh, bukan yang sudah terlalu banyak diproses.

 

Tip 2: Tambahkan lemak pada sayuran Anda

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan pelaku diet adalah hanya memakan sayur tanpa saus atau tambahan apapun saat makan siang, jelas Joan Salge Blake, RD, profesor bidang nutrisi Boston University dan juru bicara American Dietetic Association.

"Alhasil mereka jadi merasa lapar di sore hari dan terdorong makan besar waktu malam," katanya lagi.

Salad atau sayuran adalah pilihan yang baik, jika Anda menambahkan protein dan sedikit lemak di dalamnya supaya Anda bisa bertahan kenyang lebih lama.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.