Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2015, 09:00 WIB
KOMPAS.com - Pil yang harus diminum sekali sehari untuk mencegah infeksi human immunodeficiency virus (HIV), terbukti efektif dalam uji klinik. Para ahli yakin pil tersebut juga efektif setelah dipasarkan untuk umum.

Dalam penelitian, para partisipan mengonsumsi pil yang disebut preexposure prophylaxis (PrEP) hanya dua yang mendapatkan infeksi baru HIV, walau angka infeksi penyakit menular seksual lainnya tetap tinggi. Selain itu mereka juga berhubungan seksual tanpa kondom.

"Ada beberapa uji klinik yang meneliti PrEP dan menunjukkan pil ini aman dan efektif dalam penelitian. Tetapi belum diketahui apakah jika dipakai di luar penelitian hasilnya sama," kata Dr.Albert Liu dari Departemen Kesehatan San Francisco.

Sementara itu Gilead's Truvada, kombinasi dua obat yang memiliki nama generik tenofovir dan emtricitabnie, disetujui oleh Food and Drug Adminitration sudah disetujui untuk mencegah infeksi HIV pada 2012.

Penelitian terhadap Truvada juga menunjukkan tingkat efektivitas sampai 90 persen mencegah HIV pada pria gay dan biseksual, serta wanita transgender yang rutin minum pil itu.

Pil-pil yang terus diteliti tersebut memang tidak untuk setiap orang, tetapi sangat penting bagi semua orang untuk mengetahuinya.

Bukan tidak mungkin, suatu saat dengan minum pil ini secara rutin setiap hari, HIV yang jadi infeksi menakutkan itu bisa dicegah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com