Kompas.com - 09/12/2015, 10:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika kini Anda sedang menanti kehadiran sang buah hati atau telah menjadi orangtua baru dan Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis makan tertentu, studi yang baru saja dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah tahunan American College of Allergy, Asma dan Imunologi (ACAAI) menyarankan, ujilah beberapa makanan tertentu pada anak-anak Anda nantinya. Pasalnya, alergi makanan kemungkinan bisa menurun.

Walau kemungkinan besar menurun, jenis makanan yang bisa memicu alergi nyatanya tak melulu sama. Peneliti menemukan, orangtua yang memiliki alergi pada bulu kucing, anjing, maupun serbuk sari, ditemukan memiliki anak dengan alergi kacang.

Kasus lainnya juga ditemukan, responden yang memiliki 2 orang anak misalnya, hanya 13 persen dari saudara kandung yang memiliki alergi makanan serupa.

Dengan kata lain, saat anak pertama alergi pada telur, belum tentu anak kedua juga alergi pada telur, bisa jadi ia mengalami alergi susu sapi. Sehingga, Anda perlu melakukan uji coba makanan yang berpotensi menimbulkan alergi pada kedua anak.

Peneliti juga menyarankan bagi para orangtua dengan anak yang memiliki riwayat alergi, untuk membaca label makanan guna memastikan adakah kandungan yang bisa memicu alergi pada anak.


Setidaknya, hingga anak berusia 1-2 tahun. Anda bisa mencoba untuk memberikan makanan tersebut secara bertahap untuk melihat apakah reaksi alergi yang ditimbulkan cukup parah.

Bila menginginkan hasil yang lebih akurat tentang makanan apa saja yang mampu menimbulkan alergi, Anda bisa melakukan tes alergi dan berkonsultasi pada ahlinya.


Sebab, bukan tak mungkin reaksi yang terjadi terbilang “palsu” alias hanya terjadi saat kekebalan tubuh menurun saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.