Kompas.com - 20/12/2015, 15:03 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Terdapat bukti terbaru yang menghubungkan asma, hay fever, dan eksem pada masa kanak-kanak dengan masalah jantung di usia dewasa.

Alergi memang membuat anak merasa tidak nyaman. Bahkan, terkadang membuat menderita. Belum lama ini, para ilmuwan mengatakan bahwa alergi-alergi tersebut mungkin memiliki efek yang lebih besar untuk memengaruhi kesehatan anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun.

Alergi merupakan penyakit ketiga paling umum yang diderita anak-anak. Namun, alergi kronis dapat menyebabkan penyakit jantung di masa depan.

Menurut Dr. Jonothan Silverberg dari Northwesten University, Multidisciplinary Eczema Center, mengatakan bahwa anak-anak yang menderita asma, eksem, dan hay fever memiliki kemungkinkan untuk terserang obesitas.

Lebih buruk lagi, anak-anak dengan alergi juga berpotensi memiliki hipertensi dan kolestrol, dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki alergi. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

Secara biologis, penyakit alergi mungkin melibatkan peradangan. Menurut Silverberg, peradangan juga terlibat dalam banyak faktor dari penyakit jantung.

“Kami tidak berpikir bahwa peradangan, alergi asma, dan eksem mengendalikan penyakit jantung. Tapi kami mulai melihat koneksi di antara keduanya,” kata Silverberg.

Anak-anak dengan alergi cenderung lebih berdiam diri dan kurang aktif secara fisik. Bila mereka banyak melakukan berbagai aktivitas, seperti keluar rumah atau melakukan olahraga, hal itu justru dapat memperburuk gejalanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.