Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leukemia yang Diderita Putra Farhan Banyak Diderita Anak-anak

Kompas.com - 21/12/2015, 13:12 WIB
KOMPAS.com- Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh sel yang membelah diri tanpa dapat dikendalikan. Kita harus lebih dahulu memahami bahwa: tubuh terbentuk dari beberapa jenis sel.

Dalam keadaan normal, sel tumbuh dan membelah diri ketika tubuh benar-benar perlu untuk menghasilkan sel-sel baru.

Proses ini berlangsung untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi baik. Namun kadang kala ada sel yang tetap saja membelah diri padahal sel baru tidak dibutuhkan. Sel-sel tambahan ini membentuk suatu massa jaringan yang kita kenal dengan istilah tumor.

Untuk mengetahui tumor tersebut ganas atau jiak, jaringan dari benjolan harus diambil dan diperiksa di mikroskop oleh ahlinya. Tumor atau benjolan yang dinyakan ganas disebut kanker. Disebut ganas karena sel-sel ini dapat menyebar keluar dari organ asal ke organ-organ tubuh lain atau dikenal dengan metastasis.

Anak-anak juga dapat terkena kanker seperti halnya orang dewasa. Uniknya, jenis kanker pada anak ada yang tidak dapat dijumpai pada orang dewasa dan demikian pula sebaliknya.

Contohnya, kanker mata hanya dapat dijumpai pada anak-anak, tapi tidak pada orang dewasa. Sebaliknya, kanker paru hanya dapat dijumpai pada orang dewasa. Kalaupun dijumpai pada anak, biasanya itu merupakan penyebaran dari kanker di organ tubuh lainnya.

Jenis kanker yang banyak diderita oleh anak-anak adalah kanker darah atau yang dikenal sebagai leukemia. Jenis kanker lain adalah kanker otak, kanker kelenjar getah bening, kanker mata, kanker tulang, dll. Intinya adalah bahwa kanker dapat menyerang semua organ tubuh yang ada. (Tjahjo Widyasmoro/Intisari)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com