Kompas.com - 28/12/2015, 16:10 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com – Perlahan tapi pasti, semakin banyak orang-orang sukses yang yakin dan juga merasakan manfaat tidur siang.  

Bukan hanya bisa mengalihkan pikiran sejenak dari kesibukan, tidur siang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hilangkan keraguan Anda akan tidur siang dengan mengetahui fakta dari mitos-mitos seputar tidur siang berikut ini.

1. Tidur siang hanya untuk pemalas dan anak balita

Sepertiga dari orang dewasa di Amerika rata-rata tidur siang. Demikian menurut berita dari LiveScience. Tidur siang sebentar dapat meningkatkan kewaspadaan dan memori untuk kreativitas dan produktivitas. Dan tidak satu pun dari hal tersebut yang terdengar seperti sebuah kemalasan.

2. Bangun tidur siang bisa membuat pusing

Rasa pusing setelah tidur siang adalah hal yang nyata. Tapi tak semua orang pasti mengalaminya. Apa yang Anda rasakan setelah tidur sebentar tersebut kemungkinan berasal dari durasi tidur.

Para ahli umumnya sepakat bahwa tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit. "Jika Anda melakukannya lebih dari 30 menit, Anda akan berakhir dengan tertidur pulas," Michael J. Breus, Ph.D., pakar tidur.

Tidur terlalu lama memang bisa menyebabkan kita pusing dan lemas. Sebaiknya atur alarm tak lebih dari 30 menit sebelum tidur siang.

3. Tidak boleh tidur siang di kantor

Anda tentu tidak ingin bermasalah dengan atasan gara-gara tidur siang di meja kantor. Tapi, di lingkungan kantor yang benar, kita justru disarankan untuk memejamkan mata di siang hari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.