Kompas.com - 30/12/2015, 17:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Dunia kesehatan diwarnai optimisme menyambut tahun-tahun yang akan datang. Angka kematian akibat penyakit-penyakit yang menjadi momok seperti kanker, HIV/AIDS, atau penyakit infeksi, terus menurun berkat kemajuan ilmu kedokteran. Vaksin pencegah penyakit terus dikembangkan dan inovasi-inovasi yang selama ini tak terbayangkan terus dibuat para ilmuwan.

Apa saja kemajuan yang berhasil dicapai dunia kedokteran di tahun 2015 ini?

1. Ilmuwan Siapkan Vaksin Penurun Kolesterol Jahat

Sebuah vaksin baru ditemukan menurunkan kadar Kolesterol jahat. Vaksin ini diharapkan lebih manjur daripada obat penurun kolesterol statin.

Vaksin tersebut menyasar protein yang disebut PCSK9, pengatur kolesterol dalam darah. Protein itu bekerja dengan mendorong tubuh memecah reseptor tempat kolesterol menempel ketika dibuang dari tubuh.

Periset menguji vaksin ini pada tikus yang terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kemudian, mereka mengujinya pada sekelompok kecil monyet bersamaan juga dengan statin. Hasilnya, vaksin menurunkan kolesterol secara dramatis.

2. Transplantasi Penis

Transplantasi hati atau ginjal kini menjadi prosedur yang dianggap biasa dalam dunia kedokteran.

Ahli bedah dari Universitas Stellenbosch dan Rumah Sakit Tygerberg, Cape Town di Afrika Selatan sukses melakukan transplantasi penis pertama di dunia. Operasi dilakukan selama 9 jam pada pria berusia 21 tahun.

Pria 21 tahun yang tak disebutkan namanya itu mendapat donor penis dari orang yang telah meninggal dunia. Operasi ini pun terbilang sukses karena pria tersebut kini bisa buang air kecil secara normal. Organ vitalnya itu juga kembali berfungsi secara seksual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.