Kompas.com - 09/01/2016, 12:15 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Di dunia digital ini, waktu yang dihabiskan seseorang menatap layar gadget atau televisi bertambah lama dari sebelumnya.

Paparan sinar biru dari layar gadget itu bukannya tanpa efek samping. Beberapa penelitian menunjukkan, paparan sinar biru akan menyebabkan gangguan tidur, kegemukan, dan tentunya masalah pada mata.

Para ahli menyebut masalah pada mata itu sebagai (ketegangan mata digital) digital eye strain. Hal ini karena sinar biru yang dikeluarkan layar gadget membuat mata kita cepat lelah.

Ketegangan mata digital digambarkan sebagai rasa tidak nyaman fisik setelah dua jam atau lebih berada di depan layar digital dan dikaitkan dengan jarak yang terlalu dekat dengan layar, termasuk komputer meja atau laptop, tablet, ponsel pintar, serta alat baca digital.

Gejala dari mata tegang antara lain adalah mata kering, iritasi, penglihatan buram, mata lelah, leher dan pundak nyeri, serta sakit kepala.

"Mata kita dibuat bukan untuk menatap layar digital sepanjang hari, melainkan tuntutan dari dunia modern membuat kita terpaksa berada di depan layar berjam-jam setiap hari," kata dr Justin Bazan, penasihat medis The Vision Council.

Bazan menambahkan, banyak pasien meremehkan pengaruh dari penggunaan teknologi terhadap kesehatan mata dan merasa tidak perlu melakukan langkah untuk mengurangi stres mata.

Dalam sebuah survei di Amerika terungkap, 80 persen responden menggunakan dua atau lebih perangkat digital secara simultan. Misalnya saja, ketika bekerja di depan komputer, kita juga mengecek e-mail atau pesan di ponsel.

Anak-anak juga tidak luput dari penyakit mata tegang ini mengingat mereka juga menghabiskan banyak waktunya bermain gadget.

Mata tegang sebenarnya bisa dihindari. Saat ini, banyak produsen gadget yang mengembangkan teknologi untuk melindungi mata dari sinar biru, cahaya yang menyilaukan, serta stresor lainnya.

Selain itu, kita juga perlu mengingat aturan 20-20-20. Ambil 20 detik jeda dari layar setiap 20 menit dan menatap sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki jauhnya.

Atur jarak minimal satu jengkal dari layar dan perbesar ukuran huruf di layar sehingga kita tidak perlu menatap terlalu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.