Kompas.com - 03/02/2016, 13:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Seorang pria di Texas tertular virus zika melalui hubungan seksual. Penularan tersebut merupakan kasus pertama di Amerika Serikat yang dikonfirmasi menular lewat hubungan seks, bukan lewat gigitan nyamuk.

Pria yang tidak disebutkan identitasnya itu berhubungan seksual dengan seseorang yang baru kembali dari Venezuela. Ia kemudian menunjukkan gejala-gejala terinfeksi virus zika.

Hasil laboratorium juga menunjukkan, pria yang bukan pelancong itu terinfeksi zika. Demikian menurut pejabat kesehatan di Dallas, AS.

"Ini sangat langka, tetapi bukan sesuatu yang baru. Kami selalu mengamati bahwa ini bisa menular lewat hubungan seksual," kata Zachary Thompson, Direktur Dallas County Health and Human Service.

Virus zika pada awalnya menyebar melalui gigitan nyamuk. Namun, para peneliti juga menyelidiki kemungkinan penularan lewat hubungan seksual.

Sebelumya, ada laporan dari Colorado bahwa seseorang yang terinfeksi virus itu di Afrika menularkan ke istrinya pada tahun 2008. Virus zika juga ditemukan pada cairan mani seorang pria di Tahiti.

Pusat pencegahan penyakit AS (CDC) mengatakan akan melakukan pencegahan penularan virus ini, terutama pada wanita yang sedang hamil.

Para ibu hamil di AS juga direkomendasikan menunda perjalanan ke negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Di Brasil, sejak Oktober 2015, sebanyak 4.000 kasus kelahiran bayi diperkirakan disertai mikrosefali. WHO, berdasarkan rekomendasi para ahli independen, memutuskan status darurat global menghadapi serangan virus zika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.