Kompas.com - 05/02/2016, 09:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Gejala demam berdarah dengue (DBD) pada bayi dan anak balita biasanya diawali dengan demam tinggi, batuk, pilek, hingga mual dan muntah. Namun, sering kali gejala ini tak disadari sebagai tanda DBD.

Karena itu, jika orangtua curiga anak terkena demam berdarah, segera hubungi dokter Anda. Karena gejala demam berdarah mirip dengan chikungunya, dokter akan meminta tes darah untuk memastikan diagnosisnya.

Tidak ada obat khusus untuk demam berdarah, tetapi ada pengobatan untuk gejala yang timbul.

Dokter mungkin meresepkan parasetamol atau acetaminophen untuk meredakan gejala demam. Jangan berikan obat anti-inflamasi karena hal itu dapat memengaruhi trombosit darah sehingga memperburuk pendarahan.

Demam berdarah yang parah biasanya membutuhkan perawatan di rumah sakit. Anak Anda mungkin perlu diinfus cairan intravena (fluid IV) untuk mengatasi dehidrasi.

Bahkan, terkadang ada anak yang perlu transfusi darah untuk menggantikan darah yang hilang. Anak Anda akan diawasi dengan ketat oleh dokter untuk mendeteksi adanya tanda-tanda shock.

Pastikan: 
- Anak banyak istirahat.
- Memberinya makanan ringan dan bergizi.
- Kompres dahinya dengan kain basah untuk membantu menurunkan demam.

Makanan yang dianjurkan:
- ASI
- Jus segar (pepaya, jeruk, jus anggur, dan buah lainnya), sup
- Bubur bayi 
- Air kelapa

Makanan yang harus dihindari:
- Makanan cepat saji
- Gorengan
- Makanan sarat gula

Pemulihan

Sebagian besar kasus demam berdarah ringan akan sembuh dalam waktu satu atau dua minggu. Anak-anak yang sudah pernah terkena demam berdarah akan menjadi kebal terhadap jenis tertentu dari virus dengue.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.