Kompas.com - 26/02/2016, 15:31 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lupakan kecerdasan atau pengalaman saat mendambakan promosi.Tubuh berotot ternyata merupakan jalan cepat menuju promosi.

Riset menemukan pria yang tampak kuat dipandang lebih berpotensi jadi pemimpin dan diberi status lebih tinggi dari rekan-rekannya. Namun pria yang terlalu berotot dipandang agresif dan justru merusak kemungkinan dipromosikan.

Demikian hasil studi Cameron Anderson dari UC Berkeley's Haas School of Business dan Aaron Lukaszewski, asisten profesor dari Oklahoma State University.

Mereka mulai riset dengan mengukur kekuatan dada dan lengan dalam kilogram atau pound. Setelah itu, setiap pria difoto dari lutut ke atas dengan rompi putih yang memperlihatkan bahu, dada dan otot lengan. Dengan begini, periset mampu mengontrol reaksi terhadap tinggi dan pakaian dibandingkan kekuatan.

Dalam eksperimen pertama, kelompok pria dan wanita ditunjukkan foto berbagai pria dari layar komputer. Sebelum mereka melihat foto, mereka diberi tahu mereka akan menilai orang yang baru-baru ini dipekerjakan oleh sebuah perusahaan konsultan.

Mereka diminta memberi peringkat setiap pria seberapa banyak mengagumi pria itu, rasa percaya diri dan percaya ia akan naik statusnya. Mereka juga ditanyai,"Apakah pria ini akan jadi pemimpin yang baik?" dan "Seberapa efektif orang ini bergaul dengan orang lain dalam kelompok?"

"Pria yang kuat secara fisik dalam gambar diberi status lebih tinggi karena mereka dipandang sebagai pemimpin," kata Profesor Anderson.

"Penemuan kami konsisten dengan banyak contoh nyata pria kuat dalam posisi berkuasa," tambahnya.

Untuk membedakan kekuatan dan daya tarik, yang juga dikenal pemrediksi status sosial tinggi, periset menggunakan Photoshop untuk menukar tubuh pria kuat dan lemah. Misalnya kepala pria lemah ditaruh ke tubuh pria kuat dan sebaliknya.

Peserta penelitian ternyata menilai pria lemah dengan tubuh kuat sebagai orang berkualitas pemimpin dengan status lebih tinggi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.