Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lebih Langsing? Hentikan Lima Kebiasaan ini

Kompas.com - 28/02/2016, 11:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, di antaranya tentu dengan diet dan olahraga. Anda mungkin sudah mencoba beberapa cara, tapi hasil yang diharapkan tak kunjung terlihat. Bila ingin jadi lebih langsing, cobalah untuk menghindari lima hal berikut ini.

1. Berhenti makan di jam tertentu
Mungkin Anda pernah mendengar saran untuk berhenti makan pukul 6,7 atau 8 malam agar berat badan tidak naik. Sejatinya makanan yang disantap malam hari tidak otomatis disimpan sebagai lemak.

Jam tertentu kita berhenti makan tidak ada hubungannya dengan berapa banyak berat badan yang turun atau naik. Total kalori yang kita konsumsi dalam sehari yang bikin berat badan naik. Boleh-boleh saja makan di malam hari, namun pilihlah makanan sehat yang mudah dicerna.

2. Pantang makanan tertentu
Leslie Langevin, MS, RD, CD mengatakan pantang makanan seperti karbohidrat, gluten, roti manis, gorengan tidak akan bertahan lama.

Setelah beberapa waktu, sebagian besar dari kita akan berhenti pantang dan makan makanan itu dalam porsi banyak. Ketika setelah lama berhasil menghindari dan tak lagi pantang, berat yang sudah turun perlahan akan naik lagi.

3. Menerapkan diet rendah lemak
Pola makan rendah lemak adalah tren dari dekade 90-an yang sudah ketinggalan jaman. Sebenarnya sebagian besar makanan rendah lemak ternyata mengandung banyak gula untuk menambah rasa. Akibatnya, makanan itu justru bikin gemuk, terutama di bagian perut.

Makanan berlemak seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan justru membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di perut. Makanan kaya lemak yang sehat ini justru bikin kita kenyang lebih lama.

4. Melewatkan waktu makan
Tak makan malam atau tidak sarapan bukan cara baik untuk mengurangi asupan kalori. Melewatkan waktu makan membuat tubuh jadi kelaparan yang justru membuat metabolisme melambat. Akibatnya, kita cenderung makan berlebihan sesudah tiba waktu makan.

Cara yang baik mengurangi asupan kalori adalah dengan menerapkan pola makan lebih sehat. Ganti makanan favorit dengan yang lebih sehat, kaya serat dan protein. Makanan seperti ini bikin perut kenyang lebih lama.

5. Hanya berolahraga
Olah raga adalah bagian penting dalam penurunan berat badan.Tetapi bukan berarti dengan berolahraga kita bebas makan apa saja.

Ingatlah bahwa lari 30 menit dengan kecepatan 10 menit per 1,6 km membakar sekitar 270 kalori. Untuk membakar setengah kilogram seminggu, Anda perlu membakar atau mengurangi 500 kalori sehari. Itu artinya, selain olahraga Anda perlu mengurangi 220 kalori dari makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com