Kompas.com - 28/02/2016, 11:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, di antaranya tentu dengan diet dan olahraga. Anda mungkin sudah mencoba beberapa cara, tapi hasil yang diharapkan tak kunjung terlihat. Bila ingin jadi lebih langsing, cobalah untuk menghindari lima hal berikut ini.

1. Berhenti makan di jam tertentu
Mungkin Anda pernah mendengar saran untuk berhenti makan pukul 6,7 atau 8 malam agar berat badan tidak naik. Sejatinya makanan yang disantap malam hari tidak otomatis disimpan sebagai lemak.

Jam tertentu kita berhenti makan tidak ada hubungannya dengan berapa banyak berat badan yang turun atau naik. Total kalori yang kita konsumsi dalam sehari yang bikin berat badan naik. Boleh-boleh saja makan di malam hari, namun pilihlah makanan sehat yang mudah dicerna.

2. Pantang makanan tertentu
Leslie Langevin, MS, RD, CD mengatakan pantang makanan seperti karbohidrat, gluten, roti manis, gorengan tidak akan bertahan lama.

Setelah beberapa waktu, sebagian besar dari kita akan berhenti pantang dan makan makanan itu dalam porsi banyak. Ketika setelah lama berhasil menghindari dan tak lagi pantang, berat yang sudah turun perlahan akan naik lagi.

3. Menerapkan diet rendah lemak
Pola makan rendah lemak adalah tren dari dekade 90-an yang sudah ketinggalan jaman. Sebenarnya sebagian besar makanan rendah lemak ternyata mengandung banyak gula untuk menambah rasa. Akibatnya, makanan itu justru bikin gemuk, terutama di bagian perut.

Makanan berlemak seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan justru membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di perut. Makanan kaya lemak yang sehat ini justru bikin kita kenyang lebih lama.

4. Melewatkan waktu makan
Tak makan malam atau tidak sarapan bukan cara baik untuk mengurangi asupan kalori. Melewatkan waktu makan membuat tubuh jadi kelaparan yang justru membuat metabolisme melambat. Akibatnya, kita cenderung makan berlebihan sesudah tiba waktu makan.

Cara yang baik mengurangi asupan kalori adalah dengan menerapkan pola makan lebih sehat. Ganti makanan favorit dengan yang lebih sehat, kaya serat dan protein. Makanan seperti ini bikin perut kenyang lebih lama.

5. Hanya berolahraga
Olah raga adalah bagian penting dalam penurunan berat badan.Tetapi bukan berarti dengan berolahraga kita bebas makan apa saja.

Ingatlah bahwa lari 30 menit dengan kecepatan 10 menit per 1,6 km membakar sekitar 270 kalori. Untuk membakar setengah kilogram seminggu, Anda perlu membakar atau mengurangi 500 kalori sehari. Itu artinya, selain olahraga Anda perlu mengurangi 220 kalori dari makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.