Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2016, 09:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kapan terakhir kali Anda berkonsultasi ke dokter kulit Anda? Kebanyakan ahli merekomendasikan kunjungan setahun sekali (atau lebih jika ada sesuatu yang mencurigakan pada kulit).

Sebelum berangkat untuk berkonsultasi dengan dokter kulit, penting bagi Anda mempersiapkan beberapa pertanyaan kunci untuk ditanyakan ke dokter kulit langganan. Berikut adalah lima pertanyaan yang wajib Anda tanyakan.

1. Kapan ruam atau benjolan ini akan lenyap?

Mungkin, dokter kulit Anda sudah bosan dengan pertanyaan Anda yang itu-itu saja. Tapi,pertanyaan ini penting sekali. Jika Anda memiliki sesuatu yang abnormal pada kulit dan belum hilang juga setelah lewat satu bulan, penting untuk meminta pendapat ahli.

"Biasanya, gigitan serangga dan jerawat akan lenyap dalam waktu satu bulan. Tapi, kondisi yang lebih serius, tidak," kata Janet H. Prystowsky, MD, PhD, seorang dokter kulit bersertifikat dan anggota American Academy of Dermatology.

Beberapa penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan hidradentis suppurtiva, tidak dapat disembuhkan. Namun, ada perawatan medis dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengendalikan penyakit-penyakit tersebut agar tidak bertambah buruk.

2. Apakah rutinitas kecantikan saya bekerja dengan seharusnya?

Salah satu tugas dokter kulit Anda adalah dengan melihat dan menganalisa kondisi kulit Anda. Apakah ada kulit kering, karena obat jerawat atau iritasi yang menganggu penampilan atau kerutan yang muncul terlalu dini. Kondisi-kondisi ini mungkin terjadi akibat rutinitas kecantikan yang salah.

Dokter kulit dapat membantu memilihkan rutinitas perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan Anda. Kadang-kadang, dengan memberikan produk untuk mengatasi kekeringan atau keriput pada kulit, atau menghilangkan produk yang tidak cocok untuk wajah Anda.

3. Apakah ada tahi lalat saya yang terlihat mencurigakan?

Tahi lalat dapat menjadi penanda melanoma yang berbahaya. Karena itu, penting bagi Anda untuk meminta dokter kulit memeriksa apakah ada tahi lalat yang mungkin mengganggu atau tumbuh abnormal.

"Setiap orang harus mengetahui tentang melanoma. Jika tahi lalat Anda kecil, seragam, dan tidak berubah bentuk dan warnanya maka mungkin Anda akan baik-baik saja," kata Prystowsky.

4. Di mana Anda melihat tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari?

Meskipun Anda mungkin sudah melihat ada beberapa area di wajah atau tubuh yang terbakar matahari, dokter kulit dapat membantu menunjukkan tempat lain yang terbakar tapi tidak Anda sadari.

"Kulit kepala, telinga, kaki, dan bagian belakang leher adalah area yang sering tidak terlindungi dari matahari dan ini bisa membahayakan. Sinar matahari tidak cuma membakar kulit tapi juga meningkatkan risiko kanker kulit," kata Prystowsky.

Selain itu, kanker kulit bahkan dapat muncul di daerah yang tertutup seperti bokong dan pangkal paha, dan dokter kulit juga akan memeriksanya untuk Anda.

5. Apa produk perawatan kulit yang baru ini akan bagus untuk kulit saya?

Mungkin, Anda sedang tergoda mencoba produk perawatan kulit atau terapi kecantikan yang baru dan sedang populer di kalangan teman-teman. Bisa saja produk atau terapi tersebut bagus untuk teman Anda, tapi belum tentu untuk Anda.

Bawalah produk baru itu bersama Anda, agar dokter bisa memeriksa kandungannya. Atau, jelaskan dengan detail mengenai terapi yang sedang Anda minati. Dengan demikian, dokter bisa menentukan apakah itu cocok untuk kulit Anda atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com