Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2016, 14:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Buah-buahan merupakan makanan kaya nutrisi yang menyehatkan tubuh. Bahkan, penelitian terbaru mengungkapkan, makan satu buah pisang atau apel per hari saja sudah mampu menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, melihat diet yang dilakukan 500.000 orang dewasa di China. Selama tujuh tahun, peneliti menemukan, hanya 100 gram buah per hari atau setara dengan satu apel maupun pisang bisa menurunkan sepertiga risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyimpulkan, semakin banyak buah yang dimakan, semakin rendah risiko stroke dan serangan jantung.

Buah-buahan merupakan sumber kalium, serat, antioksidan, dan sangat sedikit kalori maupun natrium. Sejumlah buah-buahan juga kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak tubuh.

Penelitian lain menunjukkan, rutin konsumsi buah juga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah tingginya gula darah. Namun, buah yang dikonsumsi adalah buah segar, bukan buah-buahan yang diolah, seperti smoothies. Jika buah-buahan yang diolah atau diberi tambahan gula misalnya, manfaat kesehatannya menjadi berkurang.

"Kuncinya adalah makan buah segar. Ketika Anda mengolah buah, maka akan kehilangan banyak kandungan di dalamnya, seperti serat," ujar penulis studi, prof Zhengming Chen dari Universitas Oxford.

Penelitian ini tidak memfokuskan hanya pada satu buah atau buah-buahan tertentu. Yang jelas, menurut peneliti, konsumsi 100 gram buah yang setara dengan satu buah apel atau pisang mampu menurunkan berbagai risiko penyakit.

Menurut peneliti, rutin konsumsi buah-buahan membuat Anda tak perlu sering bertemu dokter karena terkena penyakit. Kini, tak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak makan buah setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com