Kompas.com - 16/04/2016, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food. Makanan jenis ini tinggi kandungan sodium, gula, dan juga lemaknya.

Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji bukan hanya menyebabkan kegemukan. Sebuah studi terbaru menyebutkan, fast food juga mengandung phthalates, zat kimia yang bisa memiliki efek mengganggu kadar hormon tubuh dan menurunkan jumlah sperma.

Phthalate sendiri biasanya ditemukan dalam produk pewangi, kosmetik, serta produk pembersih.

Laporan yang dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspective itu menyebutkan, orang yang sering mengonsumsi fast food memiliki konsentrasi tinggi dua zat kimia ketika phthalate dipecah di tubuh.

Dua penelitian sebelumnya menunjukkan, pola makan yang sering mengasup makanan yang diproses akan menyebabkan paparan zat kimia phthalates dan bisphenol A tinggi. Tapi dalam studi terbaru yang difokuskan adalah mekanan cepat saji.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati data dari 8.800 orang yang mengikuti survei tentang makanan apa yang dikonsumsi dalam 24 jam terakhir. Mereka juga memberikan contoh urine pada para peneliti.

Dua jenis hasil olaharan phthalate ditemukan, yakni DEHP dan DiNP. Orang yang sekitar 35 persen asupan kalorinya berasal dari makanan cepat saji dalam 24 jam terakhir, memiliki kadar kedua zat kimia itu paling tinggi dibanding orang yang tidak makan fast food.

Menurut Ami Zota, peneliti, phthalate kemungkinan masuk dalam makanan dalam proses persiapan dan pengemasan. Sarung tangan plastik dan juga ban berjalan di dapur cepat saji bisa jadi penyebabnya.

"Panas dari proses pemasakan juga membuat zat kimia ini lebih mudah masuk dalam makanan," kata Zota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.