6 Sebab Lemak Perut Tak Kunjung Hilang

Kompas.com - 26/04/2016, 08:11 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - "Ketika bicara cara menghilangkan lemak perut, ada banyak misinformasi di luar sana," kata Holly Lofton, MD, asisten profesor kedokteran dan direktur program manajemen berat badan di NYU Langone Medical Center.

Banyak pelaku diet menerapkan pola makan tertentu, tetapi tidak melakukan satu latihan atau mengonsumsi makanan yang langsung menargetkan lemak perut Anda. "Ini tentang gaya hidup Anda," kata Lofton.

Beberapa kebiasaan juga bisa menghambat upaya Anda menumpas lemak di area tengah tubuh. Contohnya adalah enam hal di bawah ini.

 


1. Anda mengonsumsi banyak makanan beku, instan dan camilan dalam kemasan.
Makanan olahan dengan label rendah kalori, tetap bisa tinggi gula dan sodiumnya dan ini berbahaya untuk ukuran lingkar pinggang Anda.

"Makanan asin menyebabkan perut kembung," kata Lofton. "Dan tubuh Anda menyimpan kelebihan gula-bahkan jika itu adalah gula alami seperti madu, sebagai lemak."

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hepatology, orang yang menambahkan makanan ringan tinggi lemak dan gula ke dalam makanan rutin harian mereka, memiliki lebih banyak lemak perut dibanding mereka yang makan makanan utuh (makanan utama), meski total kalori yang dikonsumsinya sama besar.

 

2. Anda melakukan sit-up seperti orang gila.
Target latihan yang hanya fokus ke satu bagian dari tubuh tidak akan membantu Anda menumpas seluruh lemak di daerah perut.

"Anda harus menurunkan berat badan secara keseluruhan untuk melihat hasilnya," kata Lofton. Dengan kata lain, sit-up akan membangun otot rapi lemak akan tetap tersembunyi di perut Anda.

Fokuslah pada gerakan seluruh tubuh yang juga memperkuat otot-otot perut Anda, seperti Lift-Off Lunge. Memiliki otot inti yang kuat adalah penting untuk mencegah cedera, kata Lofton.

Sementara itu, membangun kelompok otot besar, seperti kaki dan tangan, akan meningkatkan massa otot sehingga tubuh akan lebih efektif membakar kalori secara keseluruhan.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X