6 Alasan Anak Harus Diajak Jalan-jalan

Kompas.com - 15/05/2016, 20:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bagi orang dewasa, jalan-jalan lebih sering dianggap sebagai pelepas lelah atau mengurangi stres. Bagi anak-anak, manfaatnya akan lebih dari sekedar membuat mereka bahagia.

Jalan-jalan yang dimaksud bukan hanya berpergian ke mall, menikmati wahana permainan, atau pergi berenang, tetapi pergi bersama ke suatu daerah. Misalnya, mengajak anak pergi ke pantai, perkebunan, pegunungan, berkemah, hingga wisata budaya dan bukuliner.

Berikut 6 alasan mengapa anak-anak harus diajak berpergian seperti dikutip dari Boldsky.com.

 

1. Mudah beradaptasi
Mengajak anak jalan-jalan bisa membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Anak akan belajar menghargai perbedaan tempat dan orang-orang baru yang ditemuinya.

Mereka juga akan berpikiran terbuka sehingga bisa belajar menerima dan menghormati sebuah keputusan, preferensi, dan ide-ide orang lain.

 

2. Memperkuat ikatan keluarga

Berpergian bersama anak-anak tentu dapat memperkuat ikatan keluarga Anda. Anak-anak jadi mengerti sebuah kebersamaan dalam keluarga. Satu sama lain akan saling berbagi pengalaman bersama dan penuh cerita.

 

3. Anak lebih terbuka
Jaman sekarang, anak-anak kelilingi oleh kemajuan teknologi yang membuat mereka sibuk dengan dunianya sendiri. Ketika diajak berlibur, mereka akan putus hubungan dengan dunia maya dan melihat bagaimana dunia yang lebih nyata. Mereka jadi bisa berinteraksi dengan lingkungan dan lebih terbuka.

 

4. Memperluas wawasan
Sebuah perjalanan pasti menjadi pengalaman baru dan memperluas wawasan anak. Si kecil menjadi lebih tahu bagaimana keadaan suatu wilayah yang berbeda-beda, makanan baru, musik, bahasa, orang baru, hingga adat istiadat.

Anak juga bisa belajar sejarah atau merasakan sebuah kehidupan baru yang nyata, yang tidak mereka rasakan saat membaca buku. Hal ini dapat mengembangkan minat anak terhadap sesuatu.

 

5. Kerja keras
Liburan tentu tak datang secara gratis. Perlu kerja keras terlebih dahulu sebelum mewujudkan liburan yang menyenangkan. Dari sebuah perjalanan, anak-anak bisa belajar menghargai sebuah kerja keras akan membuahkan hasil yang baik.

 

6. Belajar berempati
Perjalanan tak hanya tentang sesuatu hal yang mahal dan mewah. Ketika membawanya ke suatu daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota, anak-anak bisa berlajar menghargai apa yang mereka miliki sekarang.

Anak juga akan belajar untuk saling memberi, mengasihi, dan lebih memiliki rasa empati ketika melihat kondisi suatu daerah maupun masyarakat yang berbeda dengan lingkungannya tinggal.


Sumber BOLDSKY
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X