Kompas.com - 18/05/2016, 18:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Ketika bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), semua makanannya cenderung sehat: mengandung buah dan sayuran, ikan, serta semuanya buatan rumahan.

Kemudian, setelah usianya bertambah dan kemampuan makannya semakin baik, pola makannya ikut berubah. Anak jadi lebih suka makanan instan atau jus buah kemasan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, anak-anak berusia 0-2 tahun banyak yang sudah mengonsumsi junk food. Bahkan, pada usia 12 bulan, lebih dari 40 persen bayi sudah makan cookies, brownies, dan camilan asin.

Junk food alias makanan yang tidak mengandung nilai gizi tentu saja bukan makanan bayi karena mereka masih membutuhkan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Kebiasaan makan tidak sehat sejak usia dini juga cenderung akan terbawa sampai mereka dewasa.

Ketahui apa saja strategi yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegah anak kecanduan junk food.

- Jus buah jadi sumber utama konsumsi buah
Jus buah biasanya mengandung gula yang tinggi, bahkan produk tertentu tidak mengandung buah, tetapi sari buah atau rasa buah saja. Biasakan anak mengonsumsi buah segar ketimbang dalam bentuk jus. Bahkan, 100 persen jus buah pun tidak mengandung nutrisi yang sama dengan buah utuh. Batasi konsumsi jus buah.

- Anak balita sudah menyukai minuman manis, termasuk soda
Pada usia satu tahun, air dan susu seharusnya jadi minuman utama anak. Anak yang sering mengonsumsi minuman manis berisiko tinggi mengalami obesitas.

- Anak balita senang mengonsumsi makanan asin
Kurangi konsumsi makanan kemasan atau makanan restoran karena biasanya makanan tersebut mengandung sodium yang tinggi. Padahal, terlalu banyak garam juga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi pada anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.