Kompas.com - 20/05/2016, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Otak kita hampir selalu berada dalam kondisi "on", bahkan saat kita sedang malas berpikir. Otak terus-menerus bekerja memikirkan deadline, rapat, dan berbagai hal lain, sampai akhirnya mogok minta jeda.

Walau kita kerap menganggap istirahat, rileks, dan berkhayal, sebagai kegiatan tak produktif, nyatanya mengambil jeda dan juga aktif melakukan kegiatan sosial, bisa meningkatkan kesehatan otak.

Menurut Dr.David Agus, penulis buku The Lucky Years: How to Thrive in the Brave New World of Health, otak bertanggung jawab agar kita bisa merasa sadar dan juga supaya kita bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Mengingat berbagai fungsi otak yang sangat vital, tentu kita ingin agar organ tubuh yang satu ini selalu dalam kondisi prima agar berfungsi optimal.

Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial dan butuh interaksi dengan orang lain. Dalam penelitian, tikus yang dipisahkan dari kelompoknya dan diisolasi akan mengalami berbagai gangguan sistem imun. Ia jadi gampang sakit dan rentan infeksi.

Tetapi, ketika tikus itu dikembalikan ke kelompoknya, kondisi kesehatannya kembali normal. Hal yang sama juga terjadi pada manusia.

"Kita didesain untuk menjadi sosial. Oleh karenanya orang yang selalu sendirian dan tidak punya interaksi yang dalam dengan orang lain, kondisi kesehatannya akan turun," kata Agus.

Interaksi sosial termasuk dalam aktivitas yang bisa menjaga otak dalam kondisi sehat. Interaksi sosial membutuhkan memori, perhatian, dan kontrol, sebuah proses yang melibatkan banyak tugas kognitif.

Agar sehat jiwa dan raga, kita juga seharusnya menciptakan keseimbangan antara kehidupan sosial dan istirahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.