Kompas.com - 21/05/2016, 08:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu berharap memiliki anak yang cerdas dan sehat. Untuk mewujudkannya ada banyak aspek yang mesti dipersiapkan orangtua, bahkan sebelum si anak lahir ke dunia.

Pertama-tama, perlu diketahui bagaimana setiap bagian otak anak terbentuk dan bagaimana cara kerjanya. Menurut Dr.Ahmad Suryawan, Sp.A (K), pembentukan otak dimulai sejak dalam kandungan, yaitu minggu kedua kehamilan dan terus berlanjut sampai dewasa.

Itu sebabnya, kondisi calon ibu dan calon ayah harus sehat sebelum mempersiapkan kehamilan, karena otak sudah mulai terbentuk bahkan sebelum seorang ibu menyadari dirinya hamil.

Perkembangan otak ini terjadi sangat cepat dan mencapai puncaknya di usia kehamilan 5 bulan. Di usia 9 bulan, otak bayi siap untuk dilahirkan. Saat baru lahir, berat otak hanya sekitar 400 gram dan belum sepenuhnya berkembang.

"Di usia dua tahun, sekitar 80 persen otak anak sudah berkembang. Karenanya, anak yang normal di usia dua tahun pasti perkembangannya akan normal sampai dewasa," ujar dokter yang akrab disapa Wawan ini diacara peluncuran "Gerakan Siap Cerdaskan Bangsa" dari Kalbe Nutritional di Jakarta beberapa waktu lalu.

Koneksi otak

Otak tersusun dari triliunan sel-sel otak yang dinamakan neuron. Pada saat bayi baru lahir, neuron belum terkoneksi satu sama lain menjadi sebuah rangkaian sirkuit. Koneksi tersebut dinamakan sinaps.

Semakin sering anak mendapat stimulasi, maka sinaps yang terbentuk makin kaya, makin kuat, dan akan menjadi koneksi yang permanen di masa depan.

Sebanyak apa sinaps yang mampu dibentuk oleh anak? Jawabannya terletak pada faktor genetik dan pengasuhan anak sehari-hari. Stimulasi pada bayi bisa berupa senyuman, sapaan, nyanyian, sentuhan, dan lain sebagainya, akan membantu sinaps anak terbentuk.

"Di usia dua tahun jumlah sinapsnya sama, ini berarti setiap anak sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk tumbuh cerdas," imbuh dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya ini.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.