Kompas.com - 24/05/2016, 18:41 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kehadiran ponsel tentu akan memudahkan para orangtua untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka. Inilah salah satu alasan banyak orangtua memutuskan untuk memberikan remaja mereka ponsel pertama.

Namun, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memberikan sebuah smartphone untuk anak Anda, ada baiknya untuk memastikan terlebih dulu bahwa anak bisa menggunakannya dengan tepat.

Ini bertujuan untuk menghindari anak dari penggunaan impulsif akan smartphone, seperti mengakses konten yang tidak sesuai, kacanduan game, hingga penggunaan larut malam yang akhirnya bisa mengganggu kesehatan anak, baik fisik maupun mental.

Berikut pertanyaan yang bisa membantu menumbuhkan kesiapan anak dalam memiliki ponsel pertama mereka.

 

Apa tujuan anak memiliki ponsel?

Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu Anda memahami apa yang sekiranya dilakukan anak setelah dia mendapat ponsel pertamanya sehingga Anda bisa memberikan batasan sejak awal.

Misalnya, apakah dia ingin chatting dengan teman-teman? Atau bermain game favoritnya? Anda bisa menentukan berapa lama ia bisa menggunakannya, sehingga anak bisa tetap bersosialisasi.

 

Apakah anak memahami aturan keluarga dan sekolah dalam penggunaan ponsel?

Sebagian besar anak-anak tentu tahu bahwa mereka harus menjawab “ya” untuk pertanyaan ini, tetapi Anda dapat memulai percakapan tentang harapan keluarga dan sekolah tentang bagaimana ponsel semestinya digunakan.

Seperti aturan untuk men-download aplikasi atau mengakses konten tentu. Pastikan untuk mendiskusikan konsekuensi jika aturan tersebut dilanggar.

 

Halaman:
Sumber CNN

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.