Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Anak Siap Memiliki Ponsel Demi Kesehatan Mentalnya

Kompas.com - 24/05/2016, 18:41 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Kehadiran ponsel tentu akan memudahkan para orangtua untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka. Inilah salah satu alasan banyak orangtua memutuskan untuk memberikan remaja mereka ponsel pertama.

Namun, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memberikan sebuah smartphone untuk anak Anda, ada baiknya untuk memastikan terlebih dulu bahwa anak bisa menggunakannya dengan tepat.

Ini bertujuan untuk menghindari anak dari penggunaan impulsif akan smartphone, seperti mengakses konten yang tidak sesuai, kacanduan game, hingga penggunaan larut malam yang akhirnya bisa mengganggu kesehatan anak, baik fisik maupun mental.

Berikut pertanyaan yang bisa membantu menumbuhkan kesiapan anak dalam memiliki ponsel pertama mereka.

 

Apa tujuan anak memiliki ponsel?

Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu Anda memahami apa yang sekiranya dilakukan anak setelah dia mendapat ponsel pertamanya sehingga Anda bisa memberikan batasan sejak awal.

Misalnya, apakah dia ingin chatting dengan teman-teman? Atau bermain game favoritnya? Anda bisa menentukan berapa lama ia bisa menggunakannya, sehingga anak bisa tetap bersosialisasi.

 

Apakah anak memahami aturan keluarga dan sekolah dalam penggunaan ponsel?

Sebagian besar anak-anak tentu tahu bahwa mereka harus menjawab “ya” untuk pertanyaan ini, tetapi Anda dapat memulai percakapan tentang harapan keluarga dan sekolah tentang bagaimana ponsel semestinya digunakan.

Seperti aturan untuk men-download aplikasi atau mengakses konten tentu. Pastikan untuk mendiskusikan konsekuensi jika aturan tersebut dilanggar.

 

Bagaimana anak mengatur sosial media dalam ponselnya?

Anda dapat menggunakan percakapan ini untuk memperjelas salah satu keprihatinan Anda, seperti apakah ia menggunakan aplikasi media sosial, dan bagaimana cara menangani panggilan atau teks dari orang asing.

 

Tempat di mana anak tak boleh menggunakan ponsel

Etika penggunaan telepon juga perlu Anda terapkan demi membentuk karakter anak, seperti dilarang menatap telepon ketika berbicara dengan orang tua, tidak ada foto selfie di kamar ganti, tidak menggunakan ponsel saat berjalan atau naik kendaraan di jalan umum, dan sebagainya.

 

Apa yang akan anak lakukan jika kehilangan atau merusakkan ponselnya?

Membahas hal ini bisa membuat anak lebih bertanggung jawab dalam menjaga ponselnya. Secara tak langsung, Anda akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak sejak dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com