Kompas.com - 27/05/2016, 20:25 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Perasaan marah, malu, khawatir biasanya campur aduk dalam diri orang tua ketika tertangkap basah oleh anak saat bercinta. Jika ini terjadi pada Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Persoalan ini kerap melanda pasangan di seluruh dunia. Selalu ada cerita tentang anak yang memergoki orang tua sedang bercinta.

Entah si anak ingin didekap orang tua ketika tidur hingga mereka menerobos begitu saja ke kamar orang tuanya. Bisa juga suara gaduh akibat sesi bercinta membuat si anak penasaran dengan apa yang terjadi.

Shawn dan istrinya berbagi pengalaman mengenai hal ini lewat situs menshealth.com. Saat itu Shawn sedang memadu kasih dengan istrinya hingga ia mendengar sesuatu yang selama ini dikhawatirkan.

Ia mendengar suara pintu terbuka dan ketika ia menoleh, semuanya sudah terlambat. Anaknya yang berusia sembilan tahun sudah berdiri di ujung tempat tidur Shawn.

Rasa malu, bingung, dan marah membuat Shawn berteriak sekuat tenaga ke anaknya. Kemudian hari, Shawn mengakui kalau itu adalah tindakan yang salah.

Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan kalau Anda tertangkap basah oleh anak saat bercinta? Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk memberi pengertian kepada anak dan  ‘menjaga’ agar kisah itu tidak menyebar.

Tetap tenang

Tenang adalah kuncinya. Tingkat ketenangan menentukan tindakan selanjutnya. Dalam kasus Shawn, ia tidak tenang sehingga berteriak kepada anaknya. Yang pada akhirnya disesali oleh Shawn.

Psikolog Judy Rosenberg, Ph. D yang juga penulis buku Be the Cause : Healing Human Disconnect menyarankan agar orang tua tetap tenang jika menyadari bahwa si anak sudah masuk ke lokasi bercinta orang tuanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.