Kompas.com - 30/05/2016, 18:11 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Olahraga akan menjadi sangat menyenangkan ketika Anda berhasil memangkas lemak lebih banyak. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka lakukan tiga perubahan sehari-hari yang akan membantu meningkatkan pembakaran kalori.

 

Libatkan sinar matahari pagi

Olahraga di alam terbuka dengan paparan sinar matahari dapat membakar kalori 20 persen lebih banyak ketimbang saat Anda melakukannya di gym atau di dalam rumah.

“Memindahkan” tempat olahraga di ruang terbuka, saat akhir pekan misalnya, juga dapat membakar kalori lebih cepat karena adanya bantuan panas alami dari sinar matahari pagi—selain asupan vitamin D yang baik untuk tubuh tentunya.

Selain itu, penelitian menunjukkan, orang yang berolahraga di bawah sinar mentari pagi dinilai lebih enerjik, ketimbang saat berolahraga di sore atau malam hari.

Peneliti menilai, sinar matahari pagi mampu memicu produksi hormon serotonin yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan semangat.


Tingkatkan kecepatan

Saat bicara tentang olahraga kardio, berlari tentu akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang berjalan santai.

Berita baiknya, jika Anda meningkatkan kecepatan berlari walau hanya sedikit saja, maka kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Sehingga, mengatur interval berlari, mulai dari berlari santai, berlari cepat, lalu berlari sangat cepat adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pembakaran kalori dan juga telah terbukti mampu mengurangi lemak perut.

Pastikan juga untuk mengayunkan lengan-lengan saat Anda berlari, dan hasilnya, Anda akan membakar kalori 15 persen lebih banyak.


Latih kekuatan otot dengan banyak cara

Otot mampu membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak, sehingga lebih banyak massa otot yang Anda miliki, maka semakin efektif pula penurunan berat badan.

Untuk melatih massa otot, Anda bisa melakukan olahraga seperti push-up selama 5 menit, sesaat sebelum mandi. Anda juga dapat melatih otot tangan dengan membawa keranjang saat belanja dan bukannya troli. Sesekali, menaiki tangga untuk menuju lantai atas, akan membuat otot kaki menjadi lebih kuat. Untuk pembentukan massa otot yang lebih cepat, Anda bisa memulai latihan beban di gym.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.