Cara Memastikan Tumbuh Kembang Anak Sesuai Tahapannya

Kompas.com - 02/06/2016, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak ternyata masih rendah. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, sebanyak 34,3 persen tidak pernah melakukan pemantauan tumbuh kembang dan 44,6 persen orangtua melakukan pemantauan lebih dari 4 kali.

Selain itu, data juga menunjukkan, masalah stunting atau bertubuh pendek pada balita di Indonesia cukup tinggi, yaitu 37,2 persen. Anak gizi kurang mencapai 13,9 persen, dan anak gizi buruk 5,7 persen.

Dokter spesialis anak Rini Sekartini mengatakan, pemantauan penting dilakukan untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

"Untuk membuat anak sehat, tinggi, dan cerdas, ada dua faktor penting, yaitu memenuhi kebutuhan dasar anak dan melakukan pemantauan pertumbuhan kembang anak," kata Rini dalam temu wicara kesehatan anak di kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jaya, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Ketua IDAI Jaya ini mengungkapkan, pemantauan tumbuh kembang anak seharusnya dilakukan orangtua setiap satu bulan sekali saat anak berusia kurang dari satu tahun. Setelah usia 1 tahun, pemantauan bisa rutin dilakukan setiap 3-6 bulan sekali.

Pemantauan dilakukan dengan mengukur dan memastikan berat badan, tinggi, dan lingkar kepala sesuai dengan pertumbuhan anak seusianya.

Untuk mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, orangtua juga harus memenuhi kebutuhan dasar anak, yaitu nutrisi, imunisasi, stimulasi, aktivitas bermain, dan cukup tidur.

Kebutuhan dasar anak tersebut sangat penting diberikan pada 1000 hari pertama kehidupannya. Pada masa emas itu, pertumbuhan otak anak pun akan mencapai 80 persen.

Dalam rangka Ulang Tahun IDAI ke-62 sekaligus memeringati Hari Anak Nasional, IDAI Jaya menggelar edukasi bertema "Menuju Anak Sehat , Tinggi, dan Cerdas" serentak di 72 rumah sakit pada 4 Juni 2016 mendatang.

Ketua Panitia HUT IDAI ke-62, dokter spesialis anak Harijadi mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai pentingnya 1000 hari pertama kehidupan, untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan pemantauan tumbuh kembang anak secara berkala.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X