Kompas.com - 10/06/2016, 07:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, kita dibanjiri dengan cerita-ceritam menakutkan tentang bagaimana banyak hal, seperti vaksin dan vitamin jenis tertentu diduga dapat menyebabkan anak berisiko menderita autis. Sebenarnya, gangguan ini masih misteri.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, peneliti telah menghubungkan sejumlah keabnormalan gen dengan autis dan percaya bahwa perpaduan genetik dan lingkungan mungkin memainkan peran. Sejauh ini, ada tujuh hal yang telah dikesampingkan sebagai penyebab autis yakni:


1. Konsumsi Folat Kadar Normal
Folat sangat penting untuk perkembangan saraf bayi, tetapi penelitian baru dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menunjukkan bahwa terlalu banyakfolat sama buruknya dengan mengonsumsi terlalu sedikit.

Para peneliti menemukan bahwa, asupan folat lebih dari empat kali dosis yang dianjurkan, akan menggandakan risiko anak terkena autisme. Dosis harian folat yang dianjurkan adalah 400 mikrogram untuk wanita usia subur.


2. Kebiasaan Makan
"Berdasarkan literatur saat ini, tidak ada bukti kuat untuk mendukung hubungan kausal antara pola makan dan autisme," kata Nicole Van Groningen M.D., internis di NYU Langone Medical Center.

Banyak orangtua menerapkan diet khusus (seperti makanan bebas gluten dan kasein) untuk membantu anak mereka yang autis, tapi ini tidak berarti bahwa autisme pada anak disebabkan oleh makanan berbahan dasar gandum atau susu.


3. Vaksin
Seluruh gerakan anti-vaksin itu dipicu oleh klaim "ilmiah" di akhir 1990-an yang telah sejak lama didiskreditkan. Meskipun demikian, legenda itu tetap hidup sampai sekarang.

Sebuah studi tahun 2011 oleh Institute of Medicine melaporkan delapan vaksin yang diberikan kepada anak-anak dan orang dewasa, sangat aman. Pada 203, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS (CDC) juga mengatakan bahwa vaksin tidak menyebabkan autisme.


4. Pola Asuh
Pada tahun 1950, ada kepercayaan populer bahwa ibu yang berkepribadian dingin akan menghasilan anak-anak autis.

Mitos ini telah dipatahkan pada awal tahun 1970-an, ketika konsensus ahli sepakat tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa gaya pengasuhan terkait dengan risiko autisme.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.