Kompas.com - 15/06/2016, 04:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berhati-hatilah jika Anda menderita penyakit diabetes tipe dua dan juga penyakit jantung. Kombinasi dari kedua penyakit kronis itu bisa berakibat fatal.

Menurut dokter kardiologi William White, menderita diabetes melitus dan sindrom koroner akut bisa memicu penyakit jantung yang lebih besar. Untuk mencegahnya diperlukan perhatian yang lebih besar.

Penelitian terhadap 5.300 orang dari berbagai negara yang menderita diabetes tipe 2 menyebutkan, risiko penderita diabetes melitus terkena penyakit jantung mencapai tiga kali lipat dibandingkan pada populasi umum.

Sementara itu, pada pasien diabetes dan penyakit jantung, mereka beresiko lebih besar mengalami gagal jantung, stroke, serangan jantung, dan angina.

Kaitan antara diabetes dan penyakit jantung timbul karena obesitas dan faktor risiko penyakit jantung, yaitu hipertensi kolesterol tinggi. Selain itu, ada dugaan obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah pada orang yang diabetes justru berakibat buruk pada jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber HEALTHDAY

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.