Kompas.com - 15/06/2016, 04:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gigi terasa ngilu ketika terkena makanan dan minuman dingin maupun panas? Itu tandanya Anda mengalami gigi sensitif.

Dokter gigi Sabai Asmaraghrya mengungkapkan, gigi sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Paling sering terjadi karena cara menyikat gigi yang salah.

"Misalnya sikat gigi dengan tekanan yang terlalu kuat. Itu bisa membuat gusi turun," ujar Sabai di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Cara sikat gigi yang salah juga menyebabkan lapisan luar gigi atau email gigi menjadi terkikis. Sabai menjelaskan, menipisnya email gigi mengakibatkan terbukanya lapisan dentin. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan gigi sensitif.

"Di dalam dentin terdapat tubuli dentin yang berhubungan dengan saraf. Kalau terkena rangsangan. Seperti minuman panas atau dingin, jadi terasa ngilu," jelas Sabai.

Selain itu, menipisnya email gigi juga bisa disebabkan oleh metode bleaching atau pemutihan gigi yang berlebihan. Makanan dan minuman yang bersifat erosi seperti terlaku asam juga bisa merusak email.

Untuk mencegah kerusakan email gigi dan jaringan lunak di dalam gigi, hindarilah makan atau minum terlalu panas, kemudian langsung minum dingin atau sebaliknya.

Rasa ngilu pada gigi sensitif biasanya hanya sebentar, namun terasa sangat tajam. Rasa ngilu atau sakit hanya muncul ketika terkena rangsangan, seperti makan atau minum panas, dingin, manis, dan asam.

Menurut Sabai, jika sudah mengalami gigi sensitif, gunakanlah pasta gigi untuk gigi sensitif dan menyikat gigi dengan benar. Hindari menyikat gigi dengan tekanan terlalu kuat. Saat menyikat bagian depan gigi, lakukanlah gerakan melingkar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.