Kompas.com - 16/06/2016, 07:16 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kesulitan mendapat keturunan atau infertilitas masih menjadi masalah bagi jutaan pasangan di seluruh dunia, tak terkecuali para selebriti.

Penyebab ketidaksuburan sangat kompleks dan beragam. Saat ini teknik reproduksi berbantu (in vitro fertilization/IVF) yang mempertemukan sel sperma dan sel telur untuk dibuahi di laboratorium masih menjadi andalan para dokter untuk membantu pasangan yang sulit hamil.

Bila pembuahan itu berhasil, maka embrio yang terbentuk akan dikembalikan ke rahim sehingga terjadi kehamilan.  Angka keberhasilan IVF atau sering disebut bayi tabung sangat bervariasi, tergantung usia pasangan dan kondisi medis lainnya.

Tidak terjadinya kehamilan selama hitungan tahun tentu bisa menimbulkan frustasi dan stres. Hal ini juga dialami orang-orang kaya dan terkenal.

Alasan para selebriti Hollywood berikut ini untuk mengikuti program bayi tabung atau meminjam rahim wanita lain (surrogate mother) mungkin berbeda-beda. Namun, hal yang menyatukan mereka adalah kedukaan akibat kegagalan ketika menjalani IVF, serta bagaimana mereka bangkit.

Kisah mereka dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang mungkin sedang berjuang untuk menimang si buah hati.

Hugh Jackman
Hugh Jackman dan istrinya, Deborra-Lee Furness, tahu bahwa suatu hari nanti mereka akan mengadopsi seorang anak. Tapi, mereka ingin memiliki anak biologis terlebih dahulu. Pasangan ini dua kali mencoba bayi tabung dan selalu berakhir dengan keguguran.

"Saat Anda menjalani IVF dan berhasil hamil, setiap hari rasanya selalu berdebar dan merasa apakah bisa mempertahankannya. Keguguran adalah hal yang menyedihkan. Ini sangat sulit, terlebih untuk pihak perempuan," katanya dalam wawancara dengan majalah Good Housekeeping di tahun 2013.

Mereka akhirnya memutuskan untuk mengadopsi bayi di Amerika Serikat, karena menurut hukum Australia, negara asal Jackman dan istri, pasangan dilarang melakukan adopsi dan menjalani program bayi tabung pada waktu bersamaan.

John Legend
Penyanyi John Legend dan istrinya Chrissy Teigen sedang berbahagia dengan kelahiran putri pertamanya di bulan April 2016. Sebelum menjadi ayah, Teigen harus menjalani program bayi tabung untuk bisa hamil.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.